ANALISIS RESEPSI MASYARAKAT PADA KONTEN BAIM WONG BERBAGI REZEKI DI CHANNEL YOUTUBE "BAIM PAULA"

WULANSARI, AYU TRIEA SEPTI (2024) ANALISIS RESEPSI MASYARAKAT PADA KONTEN BAIM WONG BERBAGI REZEKI DI CHANNEL YOUTUBE "BAIM PAULA". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

YouTube is one of the social media that is widely used by internet users today. Video content is a personal diary wrapped in audio-visual format, and might be called the newest version of conventional blogging. Youtubers and Indonesian artist Baim Wong also participate in using video content as a medium to share good fortune. The aim of this research is to comprehensively describe public acceptance of Baim Wong's good fortune sharing content on Baim Paula's YouTube. In analyzing the content of sharing sustenance, researchers used reception analysis theory which was coined by Stuart Hall (1973), audiences in interpreting media messages can be divided into three positions, namely dominant hegemonic, negotiated and oppositional. Researchers are guided by the four YouTube content concepts presented by Rakhmat (2013: 260), namely credibility, attractiveness, power, content. This research used a qualitative descriptive method with forum group discussion techniques conducted on five informants from Jakarta with different professions and backgrounds. The results of this research show that not all informants generally do not accept the content of sharing their fortune as a YouTuber well, two informants consistently occupy a dominant hegemonic position and one informant occupies a negotiated position, and two more informants are found to have an attitude of rejection so that there are two informants who enter in an oppositional position. Keywords: Reception Analysis, Content, YouTube YouTube adalah salah satu media sosial dengan begitu banyak digunakan oleh pengguna internet saat ini. Konten berupa video adalah buku harian pribadi yang dibungkus dalam format audio visual, dan mungkin disebut sebagai versi terbaru dari blogging konvensional. Youtubers dan juga artis Indonesia, Baim Wong juga berpartisipasi dalam penggunaan konten video sebagai media untuk berbagi rezeki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara komprehensif menggambarkan penerimaan masyarakat terhadap konten berbagi rezeki Baim Wong di Youtube Baim Paula. Dalam menganalisis konten berbagi rezeki peneliti menggunakan teori analisis resepsi yang dicetuskan oleh Stuart Hall (1973) khalayak dalam memaknai pesan media dapat dibagi menjadi tiga posisi yaitu dominant hegemonic, negotiated dan oppositional. Peneliti berpedoman pada empat konsep konten Youtube yang disampaikan oleh Rakhmat (2013:260) yaitu kredibiltas, daya tarik, kekuasaan, isi konten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik forum group discusion yang dilakukan pada lima informan yang berasal dari Jakarta dengan profesi dan latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak semua informan secara garis besar tidak menerima dengan baik konten berbagi rezeki sebagai seorang Youtuber, dua informan secara konsisten menempati posisi dominant hegemonic dan satu informan menempati posisi negotiated, dan dua informan lagi ditemukan sikap penolakan sehingga ada dua informan yang masuk dalam posisi oppositional. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Konten, Youtube

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 102
NIM/NIDN Creators: 44218110172
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Konten, Youtube
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 May 2024 01:38
Last Modified: 15 May 2024 01:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88683

Actions (login required)

View Item View Item