Representasi Gaya Hidup Sehat dalam Iklan SOYJOY versi "Cut Karbo" (Analisis Semiotika Roland Barthes)

SAKINAH, TASYA (2017) Representasi Gaya Hidup Sehat dalam Iklan SOYJOY versi "Cut Karbo" (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I LATAR BELAKANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Dunia periklanan yang semakin dewasa membuat para praktisi iklan semakin memutar kreatifitasnya dalam menciptakan visualisasi iklan yang lebih baik untuk segi promosi. Kreatifitas yang dibuat pun beragam, salah satunya mereka memasukkan konsep gaya hidup agar terlihat lebih menarik. Selain menarik, konsep gaya hidup dalam iklan biasanya merupakan representasi dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Seperti kajian peneliti kali ini, iklan dengan konsep gaya hidup sehat kini semakin meluas guna menggiring konsumen untuk lebih konsumtif. Beriklan kini tidak lagi secara gamblang berjualan melainkan pendekatan sisi rasional sehingga terciptanya kebutuhan palsu yang dikomodifikasi. Penelitian kualitatif yang menggunakan paradigma teori kritis ini bersifat deskriptif. Dengan teori kritis, peneliti dapat membongkar penopengan dibalik komodifikasi pesan iklan dalam makanan ringan yang dijadikan mitos dalam konsep gaya hidup dibalik citra kecantikan dan sekarang sudah berkembang menjadi ideologi dalam masyarakat. Iklan dengan konsep gaya hidup sehat ini, SOYJOY memberikan kesan bahwa produknya sehat karena kandungan kedelai yang dapat mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan linguistik, denotasi dan konotasi dibalik representasi gaya hidup sehat dalam iklan SOYJOY serta menemukan ideologi dibalik tanda-tanda mengedukasi yang tersembunyi dalam konstruksi iklan SOYJOY. Penelitian ini dikaji dengan studi semiotika Roland Barthes yang terkenal dengan tanda dan pemaknaan dalam denotasi, konotasi dan mitosnya. Dengan menggunakan semiotika Roland Barthes, penelitian yang dilakukan menjadi lebih fleksibel karena sesuai dengan tujuan yang peneliti kaji. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pesan yang disampaikan melalui Iklan SOYJOY memang sengaja dilakukan dengan konsep gaya hidup sehat agar masyarakat membutuhkan produk tidak berdasarkan rasa keinginan tetapi membelinya dengan sisi membutuhkan guna ingin memiliki konsep kecantikan fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 042
NIM/NIDN Creators: 44313010037
Uncontrolled Keywords: Representation, Semiotics, Roland Barthes, Mythos, Lifestyle
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 06 May 2024 02:17
Last Modified: 06 May 2024 02:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88521

Actions (login required)

View Item View Item