ISTRI, SONY KUSUMA (2017) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RUMAH BATIK PALBATU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf Download (827kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1 .pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
Abstract
Perancangan ini di buat untuk lebih membangun ketertarikan masyarakat kota terhadap rumah batik palbatu yang lambat laun mengalami penurunan pamor seiring dengan banyaknya persaingan usaha pelestarian batik yang terdapat di kota terutama ibu kota Jakarta. Oleh karena hal tersebut di perlukan media promosi yang dapat mengembalikan pamor dan meningkatkan citra Rumah Batik Palbatu. Media promosi Rumah batik palbatu yang di usung penulis yaitu media promosi dalam bentuk cetak. Pemilihan media promosi dalam bentuk cetak di landaskan oleh beberapa hal yaitu di lihat dari fungsi media promosi cetak sebagai media informasi yang dapat langsung mengenai target. Konsep yang di usung penulis dalam pembuatan media promosi rumah batik palbatu yaitu penulis menaruh unsur-unsur budaya betawi melalui elemen seperti warna dan ikon dan memasukan ikon yang sebelumnya merupakan ikon dari rumah batik palbatu yaitu topeng. Penulis membuat beberapa media promosi yang merupakan media promosi utama, yaitu berupa brosur, katalog, banner, X-banner dan merchandise. Karya dari promosi ini di pamerkan pada pameran Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual Universitas Mercubuana pada 4-6 juni 2017. Dan pada pameran berikutnya di adakan oleh Rumah Batik Palbatu dalam acara atau kegiatan yang biasa di lakukan oleh Rumh Batik Palbatu. Dari pameran tersebut penulis mendapatkan respon dari pengunjung tentang media promosi yang di buat mengenai informasi yang di sampaikan dalam media promosi.The design is made to further build the urban community's interest in rumah batik palbatu which gradually decreased prestige along with the many competition of batik preservation efforts in the city, especially the capital city of Jakarta. Because it is in need of media promotions that can restore prestige and enhance the image of Rumah Batik Palbatu. Media promotion Rumah batik palbatu which the author made is media promotion in print form. The selection of promotional media in the form of print by some things that is viewed from the print media promotion function as a medium of information that can directly to the target. The concept of the author in the making of promotion media rumah batik palbatu that the author put elements of betawi culture through elements such as colors and icons and enter the icon that was previously an icon of the rumah batik palbatu that is mask of Betawi culture. The author makes some promotional media which is the main promotional media, in the form of brochures, catalogs, banners, X-banner and merchandise. The work of this promotion is on display at the final exhibition of Visual Communication Design at Mercubuana University on 4-6 June 2017. And for the next exhibition held by Rumah Batik Palbatu in the event or the usual activities by rumah batik palbatu. From the exhibition the authors get responses from visitors about the media promotion that made about the information conveyed in the media promotion.
Actions (login required)
View Item |