KREATIVITAS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN FOTOGRAFER FREELANCE DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PESEPEDA (Studi Kasus Di Kawasan Senayan, Jakarta)

Maulani, Fita Indah (2024) KREATIVITAS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN FOTOGRAFER FREELANCE DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PESEPEDA (Studi Kasus Di Kawasan Senayan, Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 02 Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 03 Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB 2)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB 3)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB 4)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 10 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55220120050 - Fita Indah Maulani - 11 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Di masa pandemi Covid-19, muncul sebuah tren di komunitas olahraga bersepeda di kota Jakarta, Kawasan Senayan merupakan salah satu kawasan track favorit bagi komunitas bersepeda. Fotografer lepas memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang untuk mencari nafkah. Salah satunya menjual foto-foto yang mereka hasilkan dari pengambilan gambar para pesepeda saat melewati kawasan Senayan. Tentu saju, tidak mudah untuk mempromosikan foto-foto tersebut; hal ini membutuhkan bauran komunikasi pemasaran. Timbul pertanyaan: apa dan bagaimana kreativitas bauran komunikasi pemasaran fotografer freelance untuk menarik minat beli calon pesepeda yang melintasi kawasan Senayan? Jenis penelitian kualitatif ini dilakukan dengan metode studi kasus intrinsik dalam paradigma konstruktivis. Data primer diperoleh dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan Teori Computer-Mediated Communication (CMC), Teori Dialektika Relasional, dan model AISAS. Hasilnya adalah beberapa bentuk kreativitas dalam bauran komunikasi pemasaran yang digunakan. Termasuk menjabarkan beberapa metode promosi, seporti metode pemasaran digital (melalui media sosial Instagram, X. TikTok, dan website/internet marketing); Dengan menggunukan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom; Dengan menggunakan Watermark unik untuk menampilkan keunikan foto yang diposting di media sosial; Dengan menggunakan layanan pendukung seperti Google Drive, Google Foto, Heylink, dan Linktree schingga calon pembeli dapat mengakses foto.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55220120050
Uncontrolled Keywords: kreativitas, bauran komunikasi pemasaran, fotografer freelance, pesepeda, kawasan Senayan, foto pesepeda, minat beli
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 05 Apr 2024 05:10
Last Modified: 05 Apr 2024 05:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87943

Actions (login required)

View Item View Item