ANALISIS KAPASITAS, ANTRIAN DAN TINGKAT PELAYANAN PADA GERBANG TOL KARAWANG BARAT

PRAMUDIANTO, ARENDY JANUAR (2017) ANALISIS KAPASITAS, ANTRIAN DAN TINGKAT PELAYANAN PADA GERBANG TOL KARAWANG BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka+lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jalan tol merupakan salah satu alternatif yang cukup efektif untuk memperlancar lalulintas di daerah yang sedang berkembang. Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu ruas jalan tol yang sudah cukup lama berdiri di Indonesia. Seiring berkembangnya pengguna jumlah kendaraan dan meningkatnya pelayanan distribusi barang maupun jasa, fungsi dari jalan tol semakin berkurang. Salah satu titik kemacetan pada jalan tol Jakarta-Cikampek adalah pada KM 47 tepat pada gerbang tol Karawang Barat dikarenakan antrian yang panjang hingga melebihi ruas gerbang keluar tol. Dengan data-data yang didapat dari PT Jasa Marga yang selanjutnya dianalisis maka didapat kapasitas dan antrian serta tingkat pelayanan pada gerbang tol Karawang Barat. Data primer yang didapat adalah data waktu pelayanan dan data panjang antrian. Sedangkan data sekunder yang diperoleh meliputi Data Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), dan Gambar Kondisi Geometrik dan jumlah gardu. Analisa ini dilakukan pada seluruh gardu di Gerbang Tol Karawang Barat, analisa ini dilakukan mulai dari analisa perhitungan tingkat pelayanan pada masing-masing gardu, dan membandingkan kapasitas antrian tiap gardu dengan Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol yang diatur pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: No.16/PRT/M/2014. Setelah dianalisa dan dibandingkan kriteria tingkat pelayanan gerbang tol Karawang Barat termasuk kedalam Tingkat Pelayanan E dengan kriteria sangat rendah. Perlu adanya peningkatan untuk mingkatkan tingkat pelayanan pada antrian dari gerbang tol Karawang Barat. Ada beberapa kebijakan yang dapat dilakukan seperti kebijakan menambah gardu pembayaran, kebijakan sistem tandem, dan kebijakan mengurangi waktu pelayanan. Kebijakan tersebut dapat meningkatkan tingkat pelayanan dari gerbang tol Karawang Barat.The toll road is one of the most effective alternatives to expedite traffic in the developing regions. Jakarta-Cikampek toll road is one of the toll road segments that have been long standing in Indonesia. As the number of vehicle users grow and the increase of distribution service of goods and services, the function of toll road is decreasing. One of the congestion points on the Jakarta-Cikampek toll road is at KM 47 right on the toll gate of West Karawang due to the long queue to exceed the toll gate exit segment. With the data obtained from PT Jasa Marga, which analyzed the importance of the capacity and the queue and the level of service at the toll gate West Karawang. Primary data obtained is data service time and queue length data. While the secondary data obtained include Daily Average Traffic Data, and Picture Geometric Conditions and the number of substations. This analysis is done at all substations at Toll Gate West Karawang, this analysis is done starting from the analysis level of service calculation on each substation, and compare the queue capacity of each substation with the Minimum Service Standard Toll Road which arranged at Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: No.16/PRT/M/2014. After analyzed and compared the criteria level of service of West Karawang toll gate included into Level of Service E with very low criteria. There needs to be an increase to increase the level of service on the queue of the toll gate of West Karawang. There are some policies that can be done such as policies to add substations payment, tandem system policies, and policies to reduce service time. The policy can improve the level of service of the Karawang West toll gate.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 136
NIM/NIDN Creators: 41115120046
Uncontrolled Keywords: gerbang tol, antrian, tingkat pelayanan
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:26
Last Modified: 01 Apr 2024 06:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87797

Actions (login required)

View Item View Item