PROGRAM MARKETING PUBLIC RELATIONS SILOAM HOSPITALS LIPPO VILLAGE TANGERANG DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN

AGUSTIN, MARIA (2017) PROGRAM MARKETING PUBLIC RELATIONS SILOAM HOSPITALS LIPPO VILLAGE TANGERANG DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Dalam menjalankan bisnisnya, rumah sakit bukan hanya mengambil segmentasi personal (Business to Consumer), tetapi juga segmentasi korporasi (Business to Business). Dalam melakukan pendekatan ke kedua segmentasi tersebut, Siloam Hospitals Lippo Village melakukan beberapa program marketing public relations (MPR). Tujuan dilakukannya program MPR adalah untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, sekaligus membina hubungan baik dengan pelanggan. Dengan demikian rumah sakit dapat lebih dapat dikenal oleh masyarakat dan membangun citra rumah sakit yang positif. Konsep kerangka acuan yang peneliti gunakan adalah dengan teori Philip Kothler yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya bahwa dalam MPR terdapat 3 titik strategi untuk melaksanakan program MPR dalam mencapai tujuan, yaitu Pull Strategy dengan menawarkan produk atau kunjungan ke lokasi, Push Strategy dengan mendorong dalam hal pemasaran melalui publikasi cetak ataupun elektronik, dan Pass Strategy dengan menciptakan opini publik yang menguntungkan melalui sponsorship. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Wawancara secara mendalam dilakukan kepada narasumber internal yang kompeten untuk menjawab tujuan penelitian yaitu Head of Business Development, serta beberapa pasien Siloam Hospitals Lippo Village sebagai narasumber eksternal. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa program MPR yang dilakukan Siloam Hospitals Lippo Village sudah baik, dimana masing-masing program MPR tersebut telah memenuhi 3 stategi utama dalam melaksanakan program MPR yaitu Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy. Selain itu, demi mendukung berjalannya program MPR, Siloam Hospitals Lippo Village juga memiliki beberapa media publikasi yang dapat memperkuat kesan dan citra positif Siloam Hospitals Lippo Village di masyakarat. Keseriusan Siloam Hospitals Lippo Village dalam menjalankan program MPR, serta pelayanan dan sumber daya manusia yang baik, membuat pelanggan menjadi loyal untuk selalu berobat ke rumah sakit tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 180
NIM/NIDN Creators: 44214120089
Uncontrolled Keywords: MARKETING PUBLIC RELATIONS SILOAM HOSPITALS LIPPO VILLAGE
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:06
Last Modified: 28 Mar 2024 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87681

Actions (login required)

View Item View Item