MANAGEMENT EVENT SEMARAK WAYANG PESONA INDONESIA 2017 SEBAGAI MEDIA PROMOSI PESONA INDONESIA OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA

SARI, ENDANG PUSPITA (2017) MANAGEMENT EVENT SEMARAK WAYANG PESONA INDONESIA 2017 SEBAGAI MEDIA PROMOSI PESONA INDONESIA OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Event merupakan salah satu instrumen komunikasi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperkenalkan diri kepada khalayaknya. Dalam praktiknya, Kementerian Pariwisata melalui Asisten Deputi Pengembangan Pasar Personal, Bidang Pariwisata Budaya memanfaatkan event sebagai upaya untuk mengenalkan Pesona Indonesia di bidang pariwisata budaya. Melalui Semarak Wayang Pesona Indonesia Kemenpar bekerjasama dengan PT VIP Inke Maris & Associates terus melakukan upaya-upaya dalam mempromosikan pariwisata budaya. Keberhasilan event Semarak Wayang Pesona Indonesia tentu tidak terlepas dari event management yang dilakukan oleh pihak Kementerian Pariwisata maupun PT VIP Inke Maris & Associates. Dalam penelitian ini, peneliti berpacu pada teori dari Joe Goldblatt yang terdiri dari 5 tahapan event management, yakni research, design, planning, coordinating, evaluating. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada narasumber, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidang promosi pariwisata Kementerian Pariwisata telah dengan baik dalam melakukan upaya komunikasi untuk melestarikan kesenian wayang melalui model komunikasi yang berbeda, yaitu melalui event. Baik Kementerian Pariwisata maupun event organizer telah dengan baik menjalankan event management sehingga memberikan pengalaman yang baik, baik bagi pengunjung, masyarakat sekitar, maupun bagi kebudayaan wayang itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 177
NIM/NIDN Creators: 44213010067
Uncontrolled Keywords: EVENT SEMARAK WAYANG PESONA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
400 Language/Bahasa > 400. Language/Bahasa > 406 Organizations and management/Organisasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:42
Last Modified: 27 Mar 2024 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87633

Actions (login required)

View Item View Item