POLA KOMUNIKASI ANTAR MASYARAKAT (Studi kasus tentang masyarakat Betawi dan Jawa di RW 05 Kelurahan Paninggilan Kecamatan Ciledug)

BASKORO, ABDUL AZIZ (2017) POLA KOMUNIKASI ANTAR MASYARAKAT (Studi kasus tentang masyarakat Betawi dan Jawa di RW 05 Kelurahan Paninggilan Kecamatan Ciledug). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. cover.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

Urbanisasi menimbulkan terjadinya kondisi bercampurnya warga asli dengan warga pendatang yang menjadi masyarakat majemuk di lingkungan RW 05. Etnosentris, konformistas, fasilitasi, dan kelompok masyarakat Jawa yang menjadi mayoritas di tanah Betawi menjadi fenomena yang menarik. Karena mereka berinteraksi dalam kegiatan kegiatan yang ada di lingkungan RW 05. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan kelompok masyarakat Betawi dan Jawa di lingkungan tersebut yang juga meliputi persepsi antar kelompok masyarakat, dan simbol bahasa yang digunakan ketika berinteraksi. Penelitian ini menggunakan konsep pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multiarah. Serta di perkuat dengan konsep terkait ilmu komunikasi kelompok, komunikasi antar budaya, interaksionalisme simbolik, dan bahasa verbal maupun non verbal. Adapun 5 orang subyek yang peneliti ambil dalam penelitian ini, yang terdiri dari Kepala Kelurahan Paninggilan, ketua RW 05, dan tokoh masyarakat dari kelompok masyarakat Betawi dan Jawa di lingkungan RW 05. Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati selama melakukan penelitian ini. Dasar penelitian yang digunakan adalah desrkriptif kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bahwa di RW 05, tidak ada penglompokan di masyarakat walaupun berbeda suku. Karena mereka sudah berada dalam satu kelompok dibawah naungan RW 05 yang mempunyai tujuan bersama. Adapun pola-pola komunikasi yang terjadi meliputi pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multiarah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 168
NIM/NIDN Creators: 44213010095
Uncontrolled Keywords: POLA KOMUNIKASI ANTAR MASYARAKAT
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:41
Last Modified: 27 Mar 2024 01:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87620

Actions (login required)

View Item View Item