FANATISME FANS KPOP IDOL IKON (Analisis Wacana Kritis Melalui Akun Fanbased @IKON_ID)

SABRINA, SHALLY (2017) FANATISME FANS KPOP IDOL IKON (Analisis Wacana Kritis Melalui Akun Fanbased @IKON_ID). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKSI)
Abstraksi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

Fenomena di dalam dunia industri hiburan memang selalu menarik perhatian. Terutama jika bentuk hibun ini memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi ditambah dengan media penyebarannya juga efektif digunakan oleh khalayak. Seperti yang tengah berkembang sekarang inin, adalah Korean Wave (K-Wave). Gelombang Korea atau Korean Wave ini merupakan hasil budaya baru yang sengaja diproduksi secara massa oleh pekerja kreatif yang dibayar serta diatur oleh pekerja bisnis. Produksi itu menempatkan maasyarakat sebagai konsumen yang pasif yang hanya memiliki pilihan untuk tertarik atau tidak tertarik serta membeli atau tidak membelinya. Penelitian ini difokuskan untuk melihat bagaimana konstruksi fanatisme fans Kpop idol IKON di media sosisal twitter. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang menggunakan metodelogi Analisis Wacana Kritis dengan pendekatan Kognisi Sosial dari Teun Van Dijk. Penngumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara Primer dengan mengumpulkan kalimat, video serta link yang ada di halaman utama akun fanbased @IKON_ID. Selain itu, juga menggunakan data sekunder melalui literature dan dokumentasi yang menunjang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya praktik fanatisme dimana fans rela memberikan pengorbanan dan terdapat kesenangan akan akmodasi yang mengarah pada false need. Kesenangan dan keinginan semu itu, mengantarkan pada keuntungan pihak swasta yang mengkapitalisasikan di dunia industrialisasi hiburan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 166
NIM/NIDN Creators: 44215120044
Uncontrolled Keywords: FANATISME FANS KPOP IDOL IKON
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:13
Last Modified: 26 Mar 2024 08:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87610

Actions (login required)

View Item View Item