PERAN HUMAS PT. JASA MARGA DALAM SOSIALISASI PENGGUNA KARTU ELEKTRONIK PADA GERBANG TOL OTOMATIS (GTO) MERUYA,JAKARTA BARAT

ASHARI, MARTIN (2017) PERAN HUMAS PT. JASA MARGA DALAM SOSIALISASI PENGGUNA KARTU ELEKTRONIK PADA GERBANG TOL OTOMATIS (GTO) MERUYA,JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Kemacetan merupakan masalah yang sangat krusial untuk diselesaikan atau paling tidak diminimalisir. Kemacetan menjadi momok bagi siapa saja yang menggunakan transportasi darat. Tidak sedikit kerugian fisik maupun mental dan energi serta waktu yang terbuang percuma hanya karena macet. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan itu. Melalui peranan teknologi yang ditingkatkan, PT. Jasa Marga juga telah menerapkan sistem pembayaran elektronik secara online, melalui beberapa produk kerjasamanya dengan beberapa bank besar baik pemerintah ataupun swasta. Diantaranya e-toll card, e-money, bca flash dan e-toll pass. Penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetaui peran humas yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dalam mensosialisasikan penggunaan kartu elektronik di gerbang tol otomat di wilayah Meruya, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan teori Peran PR yang ada di dalam bukunya Scott, Cutlip and Broom yaitu Effective Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas peran yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dalam program sosialiasi penggunaan kartu elektronik. Menurut teori peran tersebut, ada 4 (empat) peran yaitu Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecahan Masalah dan Teknisi Komunikasi. Dengan demikian, peneliti mampu menggambarkan mengenai peran Humas yang paling dominan dalam program komunikasi. Penelitian menyimpulkan bahwa peran yang paling dominan dijalankan oleh Humas PT Jasa Marga adalah Fasilitator Komunikasi. Fasilitator Komunikasi mengindikasikan terlibat secara penuh dalam mengindentifikasikan masalah dalam pencapaian tujuan serta mencari solusi permasalahan melalui program komunikasi yang bermanfaat bagi keberlangsungan pelayanan di GOT Meruya Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 155
NIM/NIDN Creators: 44215110003
Uncontrolled Keywords: Kartu Elektronik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:52
Last Modified: 26 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87597

Actions (login required)

View Item View Item