STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK INDONESIA DALAM ROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGUSAHA MIKRO

ISMARDI, AULIA ARIANTINI (2017) STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK INDONESIA DALAM ROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGUSAHA MIKRO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

CSR merupakan salah satu bentuk kegiatan program yang dilakukan oleh public relations sebagai wujud dari kepedulian perusahaan kepada masyarakatnya, Strategi public relations Bank Indonesia dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud pembangunan ekonomi rumah tangga dan membangun produktifitas ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha mikro. Kelompok masyarakat yang telah mempunyai usaha meskipun skalanya kecil ataupun mikro tetapi memiliki potensi untuk tumbuh besar sehingga mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran juga meningkatkan produktifitas ibu-ibu rumah tangga. Untuk itu dibutuhkan pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Jakarta dan Tangerang. Tujuan dari program pemberdyaan untuk membantu ibu-ibu rumah tangga pengusaha mikro agar dapat mengembangkan potensi mereka dalam dunia usaha melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh BI kepada mereka secara langsung. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui strategi public relations BI dalam menjalankan program pemberdayaan perempuan di Jakarta dan Tangerang dengan menggunakan Teori tahapan strategi yang mengacu pada teori Cutlip, Center dan Broom yaitu tahapan mendefinisikan masalah, perencanaan dan pemrograman, aksi dan komunikasi serta evaluasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengangkat studi kasus tentang perempuan pengusaha mikro dalam pelaksanaan program CSR di Bank Indonesia. Yang di mana tujuan dari program meningkatkan produktifitas perempuan dan mengurangi jumlah pengangguran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengangkat studi kasus tentang perempuan pengusaha mikro dalam pelaksanaan program CSR di Bank Indonesia dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program CSR BI sesuai dengan teoritis, melakukan riset lapangan secara langsung dan pembuatan TOR program, melakukan komunikasi langsung dan juga memberikan pendampingan selama program. Dilihat dari hasil monitoring nampak bahwa terjadi peningkatan pendapatan juga kepuasan para peserta terhadap hasil dari program pemberdayaan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar dalam program CSR Bank Indonesia pemberdayaan perempuan pengusaha mikro dapat di lakukan di wilayah-wilayah lainnya untuk meningkatkan peran perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 126
NIM/NIDN Creators: 44212010085
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, BANK INDONESIA, ROGRAM, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PENGUSAHA, MIKRO
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:42
Last Modified: 25 Mar 2024 07:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87530

Actions (login required)

View Item View Item