OKTAVIANI, PUSPA (2017) APLIKASI MODEL PERENCANAAN KOMUNIKASI PADA PROGRAM PUBLIKASI KOMPASIANA.COM TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTARK)
2. Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran .pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
Abstract
Hasil dari sebuah program komunikasi, pada dasarnya diawali oleh perencanaan yang matang di bidang komunikasi. Perencanaan yang baik, tepat, akurat akan mendorong implementasi program komunikasi yang optimal. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini adalah “era komunikasi”, konsekuensinya, selalu dibutuhkan perencanaan yang matang untuk program komunikasi agar membawa dampak optimal untuk organisasi, publik, maupun kepentingan bisnis menuju ke arah yang lebih baik. Menurut Cangara dalam bukunya Perencanaan dan Strategi Komunikasi, perlu diketahui bahwa terdapat 7 langkah dalam penggunaan model ini, yaitu Identifikasi Target Khalayak (audience), Penetapan Tujuan, Penyusunan Pesan, Tindakan Untuk Mencapai Khalayak, Pemilihan Media, Pembuatan Rencana Komunikasi, dan Evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan sifat penelitian deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah wawancara mendalam yang dilakukan kepada 3 narasumber yang berkompeten dibidangnya. Dari hasil penelitian menunjukkan ke tujuh langkah perencanaan komunikasi terimplementasi secara baik namun terdapat beberapa proses yang belum maksimal pengaplikasiannya. Kompasiana bergerak di media digital online yang pergerakan informasinya sangat cepat harusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana publikasinya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 17 111 |
NIM/NIDN Creators: | 44213010007 |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PERENCANAAN, KOMUNIKASI |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | SHAFAUSSARIRAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:26 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 06:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87515 |
Actions (login required)
View Item |