AKTIVITAS PUBLIKASI HUMAS KEMENTERIAN PARIWISATA DALAM EVENT KARNAVAL KEMERDEKAAN PESONA DANAU TOBA 2016

ALFIYANSA, ALFIYANSA (2017) AKTIVITAS PUBLIKASI HUMAS KEMENTERIAN PARIWISATA DALAM EVENT KARNAVAL KEMERDEKAAN PESONA DANAU TOBA 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peneliti melakukan penelitian di Kementerian Pariwisata (KEMENPAR) yang bergerak dibidang wisata yang dimana selalu melakukan branding “pesona indonesia” dan “wonderful indonesia” di setiap kegiatan yang dibuat pihak Kementerian Pariwisata dengan tujuan mengeksplor wisata – wisata yang ada di Indonesia kepada mancanegara dan masyarakat luas. Dalam setiap pembuatan event digunakannya konep – konsep media relation bagaimana sebuah korporat menjalin hubungan baik dengan media dan membantu untuk mempublikasikannya. Konsep spesial event juga dapat mempelajari bagaimana membuat sebuah kegiatan dengan baik serta bagaimana sebuah humas berperan langsung dalam pembuatan event tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana ditujukan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci. Peneliti menggunakan metode deskriftif kualitatif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer yang dilakukan secara wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdapat 3 tahap yaitu : tahapan reduksi data, tahapan penyajian data, tahapan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan dari hasil wawancara yaitu aktivitas publikasi humas Kementerian Pariwisata dalam event karnaval kemerdekan pesona Danau Toba 2016 ini adalah humas dari Kementerian Pariwisata sudah mempunyai hubungan baik dengan media (media relations) sehingga pada saat melaksanakan kegiatan didukung langsung dengan media melalui aktivitas – aktivitas yang dimiliki oleh humas KEMENPAR, seperti membuat press release, konferensi pers, kunjungan pers mengundang media ke Danau Toba dalam peliputan event tersebut. Bentuk publikasi yang dilakukan dengan menggunakan strategi media yaitu paid media, owned media dan social media. Dampak dari publikasi event KKPDT bahwa sudah meningkatnya awareness dari public pariwisata pada 10 top destinasi unggulan di Indonesia. Hal tersebut juga menunjang semua unsur pariwisata di 10 daerah tersebut untuk memperbaiki infrastruktur pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 107
NIM/NIDN Creators: 44213010008
Uncontrolled Keywords: HUMAS, EVENT
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:59
Last Modified: 25 Mar 2024 06:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87511

Actions (login required)

View Item View Item