NURHUDA, FINKY SANTIKA (2017) PELAKSANAAN PROGRAM CUSTOMER RELATIONS HOTEL BOROBUDUR JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus : Pada Divisi Public Relations tahun 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover .pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pertumbuhan Jasa perhotelan semakin meningkat di tahun 2016, hal ini membuat persaingan semakin ketat. Begitu pula hotel borobudur yang mampu bertahan selama 42 tahun. Sebagai perusahaan jasa dan service yaitu menjual keramah tamahan tentu menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi fokus utama. Posisi customer sangat penting di dunia perhotelan karena tamu merupakan raja bagi perusahaan. Berbagai program dan kegiatan direncanakan dan dibuat dengan matang untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Seperti pelaksanaan Program Customer relations yang dilakukan oleh PR hotel Borobudur Jakarta. Konsep Customer relations yang digunakan mengacu pada konsep Stanley A. Brown customer relations merupakan suatu kegiatan dalam mendapatkan, memepertahankan dan meningkatkan pelanggan sehingga terciptanya loyalitas.Penelitian ini dilakukkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program customer relations Hotel Borobudur. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif melalui studi kasus, metode pengumpulan data primer dengan teknik wawancara mendalam dan metode observasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukkan dengan cara mengumpulkan data melalui social media, publikasi dan kepustakaan perusahaan, kemudian data diuji melalui teknik trangulasi Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Hotel Borobudur memiliki 5 (lima) program costumer relations yaitu, Customer Information seperti infocus magazine, Handling Complaint yaitu give gift, handling tripadvisor dan social media, event, Customer retention seperti welcoming guest, dan Partnering program yaitu kerjasama promo dengan BCA. Hotel Borobudur sudah tidak lagi pada tahap brand awareness namun sudah pada tahap brand loyalty
Actions (login required)
![]() |
View Item |