PELAKSANAAN PROGRAM CUSTOMER RELATIONS HOTEL BOROBUDUR JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus : Pada Divisi Public Relations tahun 2016)

NURHUDA, FINKY SANTIKA (2017) PELAKSANAAN PROGRAM CUSTOMER RELATIONS HOTEL BOROBUDUR JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus : Pada Divisi Public Relations tahun 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover .pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan Jasa perhotelan semakin meningkat di tahun 2016, hal ini membuat persaingan semakin ketat. Begitu pula hotel borobudur yang mampu bertahan selama 42 tahun. Sebagai perusahaan jasa dan service yaitu menjual keramah tamahan tentu menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi fokus utama. Posisi customer sangat penting di dunia perhotelan karena tamu merupakan raja bagi perusahaan. Berbagai program dan kegiatan direncanakan dan dibuat dengan matang untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Seperti pelaksanaan Program Customer relations yang dilakukan oleh PR hotel Borobudur Jakarta. Konsep Customer relations yang digunakan mengacu pada konsep Stanley A. Brown customer relations merupakan suatu kegiatan dalam mendapatkan, memepertahankan dan meningkatkan pelanggan sehingga terciptanya loyalitas.Penelitian ini dilakukkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program customer relations Hotel Borobudur. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif melalui studi kasus, metode pengumpulan data primer dengan teknik wawancara mendalam dan metode observasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukkan dengan cara mengumpulkan data melalui social media, publikasi dan kepustakaan perusahaan, kemudian data diuji melalui teknik trangulasi Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Hotel Borobudur memiliki 5 (lima) program costumer relations yaitu, Customer Information seperti infocus magazine, Handling Complaint yaitu give gift, handling tripadvisor dan social media, event, Customer retention seperti welcoming guest, dan Partnering program yaitu kerjasama promo dengan BCA. Hotel Borobudur sudah tidak lagi pada tahap brand awareness namun sudah pada tahap brand loyalty

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 101
NIM/NIDN Creators: 44213010145
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Program, Customer Relations, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.3 Programs/Program
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:36
Last Modified: 25 Mar 2024 05:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87508

Actions (login required)

View Item View Item