KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN MURID DI SDN GROGOL SELATAN 13 DALAM MENGHASILKAN PRESTASI ( STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VI SDN GROGOL SELATAN 13 )

SARI, RENI FATMALA (2017) KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN MURID DI SDN GROGOL SELATAN 13 DALAM MENGHASILKAN PRESTASI ( STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VI SDN GROGOL SELATAN 13 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)

Abstract

Komunikasi instruksional merupakan kegiatan komunikasi dengan sasaran kelompok yang berisi pengajaran tentang suatu pengetahuan atau keterlampilan. Dalam komunikasi instruksional baik yang formal, tujuan utama yang harus dicapai didalamnya adalah terjadinya perilaku pada peserta didik. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik, tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi dan wawancara mendalam. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membahas tentang proses komunikasi instruksional dengan melibatkan komunikasi antar pribadi dan komunikasi audio visual yang dilakukan guru dalam mengajar serta menerapkan TIU (Teknik Instruksional Umum) dan TIK (Teknik Instruksional Khusus) pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai komunikasi instruksional yang dilakukan guru terhadap siswanya dalam mencetak prestasi di sekolah. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah komunikasi instruksional yang dipakai oleh guru kelas VI SDN Grogol Selatan 13 adalah komunikasi antar pribadi dan komunikasi audio visual melalui proses komunikasi instruksional serta menerapkan TIU dan TIK sehingga menghasilkan siswa yang berprestasi di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 088
NIM/NIDN Creators: 44113010182
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 23 Mar 2024 03:19
Last Modified: 23 Mar 2024 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87436

Actions (login required)

View Item View Item