ANALISA PEMBINGKAIAN PROFIL CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 DI MEDIA REPUBLIKA ONLINE

KARIMAH, SYIFA (2017) ANALISA PEMBINGKAIAN PROFIL CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 DI MEDIA REPUBLIKA ONLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Kedekatan media pemberitaan online dengan masyarakat karena karakteristiknya yang mudah diakses dan murah, dapat pula membuat masyarakat menjadi lebih dekat dengan pembingkaian informasi yang dilakukan oleh media. Informasi yang disampaikan di media online kerap dipengaruhi oleh keberpihakan dari media yang menanunginya, tidak terkecuali pada media online senior yang dinilai kredibel seperti Republika Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian informasi yang dilakukan oleh Republika Online dalam menyampaikan informasi mengenai profil calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017, dengan menggunakkan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, dan model analisis framing Pan dan Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana framing dilakukan oleh media Republika Online dalam tulisan profil calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dikaji per struktur dan perangkat yang digunakkan dalam model analisis Pan dan Kosicki yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai arah pembingkaian yang dilakukan media Republika Online. Penelitian ini menyimpulkan bahwa framing yang disampaikan dalam informasi profil calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 sangat mengarah kepada keberpihakan media yang menaungi yaitu Republika Online. Republika Online dalam hal ini menunjukkan keberpihakannya kepada pasangan calon tertentu dan juga ketidaksukaannya pada pasangan calon lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 062
NIM/NIDN Creators: 44115110116
Uncontrolled Keywords: PEMBINGKAIAN, PROFIL, CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, DKI JAKARTA, 2017, MEDIA, REPUBLIKA ONLINE
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 920 Biography, Obituary/Biografi, Obituari > 920.1-920.9 Standard Subdivisions of Biography, Obituary/Subdivisi Standar dari Biografi, Obituari > 920.9 Persons Associated with other subjects/Biografi Orang Terkait dengan Subje Lainnya
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:05
Last Modified: 21 Mar 2024 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87349

Actions (login required)

View Item View Item