OPINI PUBLIK MENGENAI PEMBAHASAN PAKAIAN SEBAGAI PENYEBAB PELECEHAN SEKSUAL (Analisis Isi Kuantitatif Kolom Komentar Video Akun Media Sosial Instagram @rabbaniprofesorkerudung pada 25 Desember 2022)

Syamsiah, Rosa Nur (2024) OPINI PUBLIK MENGENAI PEMBAHASAN PAKAIAN SEBAGAI PENYEBAB PELECEHAN SEKSUAL (Analisis Isi Kuantitatif Kolom Komentar Video Akun Media Sosial Instagram @rabbaniprofesorkerudung pada 25 Desember 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-01 Cover - Rosa Nur Syamsiah.pdf

Download (351kB)
[img] Text (Abstrak)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-02 Abstrak - Rosa Nur Syamsiah.pdf

Download (84kB)
[img] Text (Bab 1)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-03 Bab 1 - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (Bab 2)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-04 Bab 2 - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (Bab 3)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-05 Bab 3 - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (Bab 4)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-06 Bab 4 - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-07 Bab 5 - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-08 Daftar Pustaka - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (Lampiran)
44220010249-Rosa Nur Syamsiah-09 Lampiran - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
Formulir Keabsahan dan Persetujuan Tugas Akhir - Rosa Nur Syamsiah (44220010249) - Rosa Nur Syamsiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Tingginya pengguna media sosial Instagram di Indonesia membuat hampir seluruh perusahaan di Indonesia memiliki akun instagram sebagai tempat untuk mempromosikan produk dan layanan yang mereka miliki. Salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial instagram yaitu Rabbani. Dalam salah satu unggahannya di akun @rabbaniprofesorkerudung pada 25 Desember 2022, Rabbani mengunggah sebuah konten video mengenai korelasi pakaian dengan pelecehan seksual di akun media sosial Instagramnya. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat khususnya para pengguna media sosial Intagram. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis opini publik yang terdapat dalam kolom komentar unggahan tersebut. Penelitian menggunakan konsep opini publik yang dikategorisasikan opini positif, opini netral, dan opini negatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kuantitatif dengan paradigma positivisme. Teknik penarikan sampel menggunakan metode random sampling hasil dari populasi yang sudah dihitung berdasarkan Rumus Yamane sebanyak 366. Kemudian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan antara coder dengan rumus Hostly. Hasil penelitian menunjukan bahwa opini publik dalam unggahan akun @rabbaniprofesorkerudung pada 25 Desember 2022 didominasi opini publik negatif sebesar 56,01% dengan isi opini negatifnya sindiran dan kritikan menolak atau tidak setuju dengan konten pakaian sebagai penyebab pelecehan seksual, opini publik netral sebesar 33,06% dengan isi opini tidak memihak kepada siapun, dan opini publik positif sebesar 10,93% opini tersebut adalah mendukung dan setuju dengan konten tersebut. Sub dimensi pada gaya bahasa yang paling banyak muncul adalah sarkasme 100 komentar, innuendo 98 komentar, sinisme 87 komentar, ironi 46 komentar, dan satire 35 komentar. The high number of Instagram social media users in Indonesia makes almost all companies in Indonesia have Instagram accounts as a place to promote their products and services. One company that uses Instagram social media is Rabbani. In one of her posts on her @rabbaniprofesorkerudung account on December 25, 2022, Rabbani posted a video content regarding the correlation of clothing with sexual harassment on her Instagram social media account. This raises pros and cons in the community, especially Instagram social media users. The purpose of this study is to analyze public opinion contained in the comment column of the post. The research uses the concept of public opinion which is categorized as positive opinion, neutral opinion, and negative opinion. The research method used is quantitative content analysis with the positivism paradigm. The sampling technique uses a random sampling method of results from the population that has been calculated based on the Yamane Formula as many as 366. Then tested validity and reliability using between coders with Hostly formulas The results showed that public opinion in @rabbaniprofesorkerudung account uploads on December 25, 2022 was dominated by negative public opinion by 56.01% with negative opinion content, satire and criticism, rejecting or disagreeing with clothing content as a cause of sexual harassment, neutral public opinion by 33.06% with opinion content not favoring Siapun, and positive public opinion by 10.93%, the opinion was supporting and agreeing with the content. The sub-dimensions of stylistic that appear the most are sarcasm 100 comments, inuenndo 98 comments, cynicism 87 comments, irony 46 comments, and satire 35 comments

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010249
Uncontrolled Keywords: Opini Publik, Gaya Bahasa, Instagram Public Opinion, Lengauge Style, Instagram
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:35
Last Modified: 13 Mar 2024 05:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87052

Actions (login required)

View Item View Item