Falah, Ahmad Amri (2023) AKTIVITAS SOSIALISASI KESEHATAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN KEPADA PENGUNJUNG DAN PEDAGANG DI PD PASAR GONDANGDIA JAKARTA PUSAT TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 01 Cover.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 02 Abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text (Bab 2)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text (Bab 3)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (Bab 4)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 5)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (Lampiran)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text (Lembar Keabsahan)
44218010160 - Ahmad Amri Falah - 10 Lembar Keabsahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah dinamika masyarakat secara global, termasuk di Indonesia. Pusat perhatian pada pencegahan dan pengendalian penyebaran virus telah menyebabkan perlunya upaya sosialisasi kesehatan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas sosialisasi kesehatan yang dilakukan di PD. Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, selama tahun 2022. Aktivitas sosialisasi kesehatan yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 di Pasar Gondangdia, ini telah mengubah cara interaksi sosial dan mempengaruhi tata cara beraktivitas masyarakat. Dalam konteks pasar tradisional, interaksi antara pedagang dan pembeli memiliki peran penting dalam penyebaran virus. Kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan oleh pihak PD. Pasar Gondangdia dalam rangka mencegah penularan virus COVID-19 menjadi cara untuk membantu pedagang dan pengunjung mendapatkan informasi kesehatan terkait pencegahan penularan COVID-19, penelitian berfokus pada kegiatan sosialisasi,informasi yang diberikan,tujuan informasi dan media yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Maka dengan itu fokus pada penelitian ini yaitu menganalisis kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pasar Gondangdia dalam membantu memberikan pemahaman mencegah penularan COVID-19 pada tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif dengan paradigma konstruktivitas, Data primer penelitian didapatkan melalui observasi pasar Gondangdia. Sedangkan, data sekunder melalui wawancara singkat dengan pihak kepala pasar, staff ,pengunjung dan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PD Pasar Jaya Gondangdia kegiatan sosialisasi kesehatan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak pemerintah,puskesmas dan satgas COVID. Dengan stategi promosi kesehatan yaitu advokasi,dukungan social dan pemberdayaan masyarakat penggunaan media seperti pengeras suara (toa), megaphone, spanduk, pamflet, dan poster digunakan untuk menyampaikan informasi tentang protokol kesehatan, vaksin, dan penyemprotan disinfektan. Dapat disimpulkan, bahwa kegiatan sosialisasi kesehatan berpengaruh efektif dalam memberikan pemahaman kepada pengunjung dan pedagang. The COVID-19 pandemic has changed the dynamics of society globally, including in Indonesia. The focus on preventing and controlling the spread of the virus has led to the need for effective health socialization efforts. This study aims to analyze the health socialization activities carried out at PD. Pasar Gondangdia, Central Jakarta, during 2022. The health socialization activities carried out during the COVID-19 pandemic in Pasar Gondangdia have changed the way social interactions and affected the way people do their activities. In the context of traditional markets, interactions between traders and buyers play an important role in the spread of the virus. Health socialization activities carried out by PD. The health socialization activities carried out by the PD. Pasar Gondangdia in order to prevent transmission of the COVID-19 virus are a way to help traders and visitors get health information related to preventing transmission of COVID-19, the research focuses on socialization activities, information provided, information objectives and media used in delivering messages. Therefore, the focus of this research is to analyze the socialization activities carried out by the Gondangdia market in helping to provide understanding to prevent transmission of COVID-19 in 2022. The method used in this research uses a qualitative descriptive method with a constructivity paradigm, primary data obtained through observation of the Gondangdia market. Meanwhile, secondary data through short interviews with the head of the market, staff, visitors and traders. The results showed that PD Pasar Jaya Gondangdia health socialization activities with various activities carried out in collaboration with the government, puskesmas and COVID task force. With health promotion strategies, namely advocacy, social support and community empowerment, the use of media such as loudspeakers (toa), megaphones, banners, pamphlets, and posters is used to convey information about health protocols, vaccines, and disinfectant spraying. It can be concluded, that health socialization activities are effective in providing understanding to visitors and traders.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44218010160 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi,Penyebaran informasi,Kesehatan,Pandemi Communication, Information dissemination, Health, Pandemic |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | ANISA DESI SAFITRI |
Date Deposited: | 09 Mar 2024 02:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2024 02:56 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86981 |
Actions (login required)
View Item |