OPTIMASI WAKTU TUNGGU RESEP PULANG FARMASI RAWAT INAP RS XYZ DENGAN METODE E-PRESSCRIBING

CICILIA, ERA (2017) OPTIMASI WAKTU TUNGGU RESEP PULANG FARMASI RAWAT INAP RS XYZ DENGAN METODE E-PRESSCRIBING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II)
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB VI)
8.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu Industri yang bergerak pada bidang jasa kesehatan dimana Rumah Sakit selalu dituntut untuk memiliki pelayanan yang baik, efisien, dan berkualitas. Salah satu bagian dari Rumah Sakit yang harus melayani dengan efisien adalah bagian Farmasi yaitu bagian yang menyediakan obat-obatan untuk pasien. Untuk Farmasi rawat inap khususnya, perbaikan yang perlu ditingkatkan adalah waktu tunggu pada resep pulang dari Dokter pada saat pasien dinyatakan boleh lepas rawat (pulang) oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien. Karena banyaknya kendala pada bagian farmasi rawat inap maka dari itu pihak Rumah Sakit harus melakukan perbaikan pelayanan yaitu dengan cara mengefisiensikan waktu tunggu resep pulang yang dianggap oleh sebagian besar pasien rawat inap harus menunggu waktu cukup lama. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pelayanan proses kerja resep pulang Farmasi Rawat Inap dengan cara mengoptimalkan waktu tunggu resep pulang menggunakan metode perancangan resep elektronik. Metode e-presscribing diambil oleh peneliti berdasarkan dari pengumpulan data interview petugas farmasi. Resep elektronik (e-presscribing) adalah pemanfaatan sistem elektronik untuk memfasilitasi dan meningkatkan komunikasi urutan resep atau obat, membantu pilihan, administrasi dan penyediaan sebuah obat melalui pengetahuan dan mendukung keputusan serta penyediaan jejak audit yang kuat untuk seluruh obat-obatan yang digunakan. Setelah dilakukan implementasi dengan menggunakan resep elektronik, waktu tunggu menjadi lebih optimal dibandingkan sebelum RS XYZ menggunakan sistem ini hal itu dibuktikan dari selisih waktu tunggu yang lumayan banyak dari sebelum menggunakan resep elektronik dan sesudah menggunakan resep elektronik. Selain waktu tunggu menjadi lebih optimal, dengan menggunakan e-presscribing terdapat beberapa keuntungan yaitu mempersingkat proses pengerjaan resep pulang RS XYZ, mengurangi beban kerja kurir obat sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mengirim obat yang “CITO” ( obat yang perlu dikirim secara cepat karena akan berbahaya jika ditunda ), mengurangi biaya telepon yang membengkak yang diakibatkan terlalu sering telepon untuk konfirmasi obat ke Dokter atau penjamin serta stock obat dapat dipantau/dimonitoring menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 039
NIM/NIDN Creators: 41613110038
Uncontrolled Keywords: Optimal, Efisiensi, Resep Elektronik
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:58
Last Modified: 05 Mar 2024 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86776

Actions (login required)

View Item View Item