PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERWISATA BELANJA WISATAWAN INDONESIA KE SINGAPURA (Studi Kasus Pada Pekerja di Wilayah Perkantoran Jakarta Pusat)

ADILHA, GADEZZA (2017) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERWISATA BELANJA WISATAWAN INDONESIA KE SINGAPURA (Studi Kasus Pada Pekerja di Wilayah Perkantoran Jakarta Pusat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan berwisata belanja wisatawan Indonesia ke Singapura. Objek penelitian ini adalah para pekerja di wilayah Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan terhadap 280 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Linear Structural Relationship (LISREL). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor budaya dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwisata belanja wisatawan Indonesia ke Singapura. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value variabel faktor budaya dan faktor sosial menunjukkan nilai yang signifikan dan mendukung hipotesis. Oleh karena itu, hasil uji dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel faktor budaya dan faktor sosial terhadap keputusan berwisata belanja wisatawan Indonesia ke Singapura. Sedangkan faktor pribadi dan faktor psikologis tidak berpengaruh.This research is to know the influence of cultural factors, social factors,personal factors, and psychological factors on the decision of Indonesian tourists shopping tour to Singapore. The object of this research is the workers in Central Jakarta area. This study was conducted on 280 respondents. Data analysis method used is Structural Equation Modeling (SEM) with Linear Structural Relationship (LISREL) program. The results of this study indicate that the variables of cultural factors and social factors significantly influence the decision of Indonesian tourists shopping tour to Singapore. This is indicated by the t-value of cultural factor variables and social factors showing significant value and supporting the hypothesis. Therefore, the results of the test of this study stated that there is a significant influence between the variables of cultural factors and social factors on the decision of Indonesian tourists shopping trip to Singapore. While personal factors and psychological factors have no effect.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 17 490
NIM/NIDN Creators: 43115110331
Uncontrolled Keywords: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, dan keputusan berwisata belanja.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat > 021.26 Cultural Role/Peran budaya
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.9 Historical, Geographic, Persons Treatment/Perawatan, Historis, Geografi > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 02 Mar 2024 09:00
Last Modified: 02 Mar 2024 09:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86704

Actions (login required)

View Item View Item