PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, EFISIENSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL (Studi pada PT. Bank Jago, Tbk.)

KHAHFI, AQMAL MUHAMMAD (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, EFISIENSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL (Studi pada PT. Bank Jago, Tbk.). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

The role of technology has become crucial in the transformation of digital banking as an adaptation to changes that bring new trends in the banking industry. This aims to provide banking services that are expected to expand and simplify financial inclusion and public access to financial services without limitations of time and place. Bank Jago, as the first digital bank in Indonesia, promises convenience for its customers to engage in banking activities by leveraging technology, thus reducing direct interactions. This research examines the factors influencing the interest in using Bank Jago as a digital bank, with variables including perceived ease, efficiency, and trust.The research focuses on users or customers of conventional banks' mobile banking or internet banking who have not yet adopted Bank Jago as their digital bank in the Jabodetabek area. The sample size was determined using the Hair formula due to the unknown population size, and a total of 170 respondents were obtained. The research employed the Structural Equation Model (SEM) approach with Smart-PLS as the analysis tool. Data was collected through questionnaires distributed to respondents who had not used Bank Jago as their digital bank in the Jabodetabek area.The findings of this research indicate that perceived ease has a significantly positive influence on interest in usage, efficiency has a significantly positive influence on interest in usage, and trust has a significantly positive influence on interest in usage. Keywords: Perceived Ease, Efficiency, Trust, Interest in Usage, Bank Jago. Peran teknologi menjadi sangat penting dalam transformasi bank digital sebagai adaptasi terhadap perubahan yang menghadirkan tren baru dalam industri perbankan untuk menyediakan layanan perbankan diharapkan dapat memperluas sekaligus mempermudah inklusi keuangan dan akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat dilakukan tanpa mengenal batasan waktu dan tempat. Bank Jago hadir sebagai bank digital pertama di Indonesia yang menjanjikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan kegiatan perbankan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga dapat mengurangi adanya interaksi langsung. Penelitian ini meneliti tentang faktor yang mempengaruhi minat menggunakan Bank Jago sebagai bank digital dengan variabel persepsi kemudahan, efisiensi, dan kepercayaan. Objek penelitian ini adalah pengguna atau nasabah mobile banking atau internet banking bank konvensional yang belum menggunakan Bank Jago sebagai bank digital di daerah Jabodetabek. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Hair karena ukuran populasi yang belum diketahui pasti dengan total responden yang peneliti peroleh sebanyak 170 responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS dengan sumber data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada responden yang belum menggunakan Bank Jago sebagai bank digital di daerah Jabodetabek. Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan, efisiensi berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan, kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Efisiensi, Kepercayaan, Minat Menggunakan, Bank Jago

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 038
Call Number: SE/31/24/029
NIM/NIDN Creators: 43120110266
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Efisiensi, Kepercayaan, Minat Menggunakan, Bank Jago
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.7 Peripherals/Periferal > 004.71 Peripherals for Digital Computers/Periferal Untuk Komputer Digital
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:45
Last Modified: 26 Feb 2024 09:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86554

Actions (login required)

View Item View Item