PEMAKNAAN ETOS KERJA PADA IKLAN "APPLE AT WORK - THE UNDERDOGS" (2019-2022) DI MEDIA YOUTUBE

AZHFAR, AFKAR (2024) PEMAKNAAN ETOS KERJA PADA IKLAN "APPLE AT WORK - THE UNDERDOGS" (2019-2022) DI MEDIA YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (627kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Apple, as one of the market leaders in the technology industry, consistently employs captivating and unique promotional strategies. Apple has always managed to implement promotional strategies that make the world aware of their excellence in their field. Various methods have been employed by Apple to create enticing advertisements, one of which is a Mini Series advertisement titled "The Underdogs - Apple at Work" released a few years ago. Over the past two years, this advertisement has become increasingly fascinating as it consistently revolves around various themes, with one overarching topic that remains prevalent in all three advertisements - the work ethic. This research focuses on the semiotic analysis of the "Apple at Work" advertisements, utilizing semiotics (sign interpretation) as the data analysis technique. This study adopts a qualitative interpretative approach. Sobur (2006) explains that the research methodology employed in semiotic analysis is interpretative. In this study, the researcher will examine the signs that reference the interpretation of work ethic in the "Apple at Work - The Underdogs" advertisements, which differ from the usual approach. Furthermore, the researcher will analyze in accordance with Charles Sanders Peirce's semiotic theory, specifically Peirce's semiotic triangle, which interprets icons, indexes, and symbols present in the ad content. These signs constitute data such as images, sounds, music, audiovisual elements, and other supporting data that will be examined and interpreted into words and language. Keywords: Semiotics, Work Ethic, Culture, Advertisement, Charles Sanders Peirce Apple sebagai salah satu market leader dalam perusahaan teknologi selalu menggunakan strategi promosi yang menarik dan unik. Apple selalu berhasil membawakan strategi promosi yang dapat membuat dunia tahu bahwa perusahaan mereka adalah yang terbaik dibidangnya. Berbagai cara telah Apple gunakan dalam membuat iklan yang menarik, salah satunya adalah sebuah iklan berbentuk Mini Series yang berjudul “The Underdogs - Apple at Work” beberapa tahun lalu. Iklan tersebut dalam dua tahun terakhir menjadi semakin menarik karena dibalik iklan tersebut selalu menghadirkan berbagai tema, dan secara garis besar terdapat satu topik selalu hadir dalam ketiga iklan tersebut yaitu etos kerja yang menjadi fokus penelitian kali ini. Peneliti menggunakan metode semiotika (pemaknaan) sebagai Teknik analisis data pada iklan “Apple at Work” tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif interpretatif. Sobur (2006) menjelaskan bahwa metodologi penelitian yang digunakan dalam analisis semiotik adalah interpretatif. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tanda-tanda yang merujuk pada pemaknaan etos kerja dalam iklan “Apple at Work – The Underdogs” yang berbeda dari biasanya. Selain itu, peneliti menganalisa sesuai dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce, yaitu segitiga makna atau segitiga semiotic Peirce yang menginterpretasikan ikon, indeks dan Symbol yang terdapat dalam tayangan iklan tersebut. Tanda-tanda tersebut merupakan data-data seperti gambar, suara, musik, unsur-unsur audio dan visual lainnya, serta data pendukung lainnya, yang akan diteliti dan diinterpretasikan ke dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Kata Kunci: Semiotika, Etos Kerja, Budaya, Iklan, Charles Sanders Pierce

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 012
Call Number: SK/43/24/005
NIM/NIDN Creators: 44319010032
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Etos Kerja, Budaya, Iklan, Charles Sanders Pierce
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:46
Last Modified: 22 Feb 2024 09:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86436

Actions (login required)

View Item View Item