PERMATASARI, HERNINGRUM (2024) "DAPUR SULAWESI" PERMAINAN KARTU BERTEMA MAKANAN TRADISIONAL SULAWESI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (440kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB I)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text (BAB II)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (BAB V)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB VI)
08 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Play experience is important in a game. The game experience can be influenced by 2 factors, namely game design and rules. Therefore, the card game "Dapur Sulawesi" is designed to provide a different and fun gaming experience in informing Sulawesi food by considering 3 aspects such as functional aspects, aesthetic aspects, and system aspects. To obtain relevant data related to these three aspects, data collection in this design is carried out by the method of literature study and playtesting to produce a different and fun game rule. The result of designing Dapur Sulawesi game, that the fun gaming experience is obtained from a new way of playing by combining 3 types of card games, namely trick taking game, matching game, and shedding game, so that this game offers fun in exploring Sulawesi food. In addition, Sulawesi food information is presented by combining cartoon illustrations and text so that the information is conveyed clearly. Keywords: card games, fun, fun factors, Sulawesi food, teenagers. Pengalaman bermain merupakan hal yang penting dalam sebuah permainan. Pengalaman bermain dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu desain dan aturan permainan. Oleh karena itu, permainan kartu “Dapur Sulawesi” dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang berbeda dan menyenangkan dalam menginformasikan makanan Sulawesi dengan mempertimbangkan 3 aspek seperti aspek fungsi, aspek estetika, dan aspek sistem. Untuk mendapatkan data yang relevan terkait ketiga aspek tersebut maka pengumpulan data pada perancangan ini dilakukan dengan metode studi literatur dan playtesting hingga menghasilkan sebuah aturan permainan yang berbeda dan menyenangkan. Hasil dari perancangan permainan Dapur Sulawesi, bahwa pengalaman bermain yang menyenangkan didapat dari sebuah cara bermain baru dengan menggabungkan 3 jenis permainan kartu yaitu trick taking game (permainan pengambilan trik), matching game (permainan mencocokan kartu), dan shedding game (permainan menghabiskan kartu) sehingga permainan ini menawarkan keseruan dalam mengeksplorasi makanan Sulawesi. Selain itu, informasi makanan Sulawesi disajikan dengan menggabungkan ilustrasi kartun dan teks agar informasi tersampaikan dengan jelas. Kata Kunci: permainan kartu, kesenangan, faktor kesenangan, makanan Sulawesi, remaja.
Actions (login required)
View Item |