STRATEGI HUMAS KAGENDRA ESPORTS DALAM MENGINFORMASIKAN AKTIVITAS REBRANDING KEPADA PENGGEMAR ESPORTS PADA TAHUN 2023

WIJANARKO, DIO AGUNG (2024) STRATEGI HUMAS KAGENDRA ESPORTS DALAM MENGINFORMASIKAN AKTIVITAS REBRANDING KEPADA PENGGEMAR ESPORTS PADA TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (655kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)

Abstract

The high number of internet users and esports enthusiasts in Indonesia has given rise to a variety of professional esports organizations in Indonesia. One of them is Dunia Games Esports, but they carry out rebranding activities amid the rise of other organizations focused on stabilizing their identity. Therefore, it is the duty of a PR practitioner to inform the public regarding programs run by organizations or companies, as well as Kagendra Esports Public Relations which has an obligation to convey information accurately, so that the message of the rebranding activities carried out can be accepted by the esports enthusiast community in Indonesia. In the process of disseminating information, to be accurate, of course, a strategy is needed. The use of a strategy used in an activity will certainly be able to see the success of a program being carried out. This is an important part for a PR person to be able to implement a strategy in informing company activities. This study aims to describe the Public Relations Strategy in Informing Kagendra Esports Rebranding to Esports Fans in 2023 that has been carried out. By using the Public Relations mix theory from Firsan Nova which consists of 1) Publications, 2) Event, 3) News, 4) Relationships with Audiences, 5) Inform/Image, 6) Lobbying or negotiating, 7) Social Responsibility. The type of research used is qualitative. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through in-depth interviews with Kagendra Esports Public Relations and also the documentation method by collecting data and other documents written or made directly by the subjects concerned. The results of this study can be concluded that Kagendra Esports conducted complete changes rebranding by changing the entire corporate identity starting from the name, logo, company uniform, to tagline. The cause of Kagendra Esports rebranding itself is due to changes in corporate strategy (internal factors) carried out by the parent company (Telkomsel). In the process, Kagendra Esports Public Relations carried out 6 of the 7 Public Relations mix strategies and used 2 Cyber PR tools to inform the rebranding to the esports fan community. Key Words: Esports, Public Relations Strategy, Cyber PR, Rebranding Tingginya jumlah pengguna internet dan peminat esports di Indonesia memunculkan berbagai macam organisasi esports profesional di Indonesia. Salah satunya adalah Dunia Games Esports, namun mereka melakukan aktivitas rebranding ditengah maraknya organisasi lain berfokus untuk menstabilkan identitas mereka. Oleh karena itu sudah menjadi tugas dari seorang praktisi Humas untuk menginformasikan kepada publik terkait program yang dijalankan oleh organisasi atau perusahaan, begitupun dengan Humas Kagendra Esports yang memiliki kewajiban dalam menyampaikan informasi secara akurat, sehingga pesan dari aktivitas rebranding yang dilakukan dapat diterima oleh masyarakat penikmat esports di Indonesia. Dalam proses penyebaran informasi, agar akurat tentunya diperlukan sebuah strategi. Dengan adanya penggunaan sebuah strategi yang digunakan pada sebuah kegiatan tentunya akan dapat melihat sebuah keberhasilan dari suatu program dijalankan. Hal ini merupakan suatu bagian penting bagi seorang Humas untuk dapat mengimplementasikan sebuah strategi dalam menginformasikan kegiatan perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan Strategi Humas Dalam Menginformasikan Rebranding Kagendra Esports Kepada Penggemar Esports Pada Tahun 2023 yang telah dilakukan. Dengan menggunakan teori bauran Public Relations dari Firsan Nova yang terdiri dari 1) Publikasi, 2) Event, 3) Berita, 4) Hubungan Dengan Khalayak, 5) Inform/Image, 6) Melobi atau bernegosiasi, 7) Social Responsibility . Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam Humas Kagendra Esports dan juga dilakukan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data-data dan dokumen lainnya yang tertulis atau dibuat langsung oleh subyek yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kagendra Esports melakukan complete changes rebranding dengan mengubah seluruh identitas perusahaan mulai dari nama, logo, seragam perusahaan, hingga tagline. Penyebab rebranding Kagendra Esports sendiri dikarenakan adanya perubahan strategi perusahaan (internal factors) yang dilakukan oleh induk perusahaan (Telkomsel). Dalam prosesnya, Humas Kagendra Esports menjalankan 6 dari 7 strategi bauran Public Relations dan menggunakan 2 tools Cyber PR untuk menginformasikan rebranding tersebut kepada masyarakat penggemar esports. Kata Kunci: Esports, Strategi Public Relations, Cyber PR, Rebranding

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 046
Call Number: SK/42/24/028
NIM/NIDN Creators: 44216110089
Uncontrolled Keywords: Esports, Strategi Public Relations, Cyber PR, Rebranding
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.2 The Subconscious/Alam Bawah Sadar > 154.24 Activities/Aktivitas
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 20 Feb 2024 09:44
Last Modified: 20 Feb 2024 09:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86313

Actions (login required)

View Item View Item