CITRA DIRI PEREMPUAN DI SEKTOR PUBLIC RELATIONS PADA ERA DIGITAL Studi Deskriptif terhadap Perempuan Praktisi Public Relations Junior di DKI Jakarta tahun 2022

Sasliniar, Nidea Nur (2023) CITRA DIRI PEREMPUAN DI SEKTOR PUBLIC RELATIONS PADA ERA DIGITAL Studi Deskriptif terhadap Perempuan Praktisi Public Relations Junior di DKI Jakarta tahun 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-01 Cover - Nidea Nur Sasliniar.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-02 Abstrak - Nidea Nur Sasliniar.pdf

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-03 Bab 1 - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (Bab 2)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-04 Bab 2 - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (Bab 3)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-05 Bab 3 - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (Bab 4)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-06 Bab 4 - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (Bab 5)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-07 Bab 5 - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-08 Daftar Pustaka - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (Lampiran)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-09 Lampiran - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
44221120037-Nidea Nur Sasliniar-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Nidea Nur Sasliniar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Citra diri Public Relations Officer perempuan pada era digital penting untuk memahami bagaimana Public Relations Officer perempuan dapat berperan dalam membangun citra positif organisasi atau perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra diri perempuan di Sektor Public Relations Pada Era Digital di Provinsi DKI Jakarta. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma penelitian Konstruktivis dengan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dengan para informan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi data. Subyek pada peneltian ini terdiri dari lima perempuan praktisi Public Relations Junior di perusahaan dan pemerintahan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga citra diri. Pembentukan citra diri tersebut berdasarkan faktor perilaku dan faktor sosial. Teknologi yang digunakan para informan meliputi media yang interaktif seperti media sosial dan website perusahaan. Citra yang pertama adalah citra baik dan ramah. Citra ini ditunjukan dengan menampilkan citra baik dan ramah melalui kemampuan komunikasi yang luas. Menanamkan konsep diri positif untuk menjalin relasi baik internal maupun eksternal. Citra yang kedua adalah sebagai wajah perusahaan. Citra ini ditunjukan dengan memerlukan pemahaman mendalam tentang bidang instansi atau perusahaan, serta keterampilan manajemen dan pengelolaan. Menyadari pentingnya penampilan yang sesuai dengan nilai dan tujuan perusahaan, serta membangun konektivitas yang tinggi. Citra yang ketiga adalah kompetensi dan profesionalisme. Citra ini ditunjukan dengan dalam era digital, perempuan atau laki-laki tidak menjadi kendala, dan masyarakat fokus pada manfaat informasi yang disampaikan. Public Relations perempuan membangun konsep diri berdasarkan logika yang realistis, mengandalkan evaluasi dan kritik sebagai sarana pembangunan diri. The self-image of female Public Relations Officers in the digital era is important to understand how female Public Relations Officers can play a role in building a positive image of an organization or company. The purpose of this study is to determine the self-image of women in the Public Relations Sector in the Digital Era in DKI Jakarta Province. The research paradigm used is the Constructivist research paradigm with qualitative-descriptive research methods. The data collection technique is to conduct interviews with informants. The data validity technique used is data triangulation. The subjects in this study consisted of five female Junior Public Relations practitioners in companies and government. Based on the results of the study, three self-images were found. The formation of the self-image is based on behavioral factors and social factors. The technology used by the informants includes interactive media such as social media and company websites. The first image is a good and friendly image. This image is shown by presenting a good and friendly image through extensive communication skills. Instilling a positive self-concept to establish relationships both internally and externally. The second image is as the face of the company. This image is shown by requiring a deep understanding of the field of the agency or company, as well as management and management skills. Realizing the importance of appearance in accordance with the values and goals of the company, and building high connectivity. The third image is competence and professionalism. This image is shown by the fact that in the digital era, women or men are not an obstacle, and people focus on the benefits of the information conveyed. Female public relations build a self-concept based on realistic logic, relying on evaluation and criticism as a means of self-building.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221120037
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Perempuan, Public Relation, Era Digital Self Image, Women, Public Relations, Digital Era
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:59
Last Modified: 20 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86266

Actions (login required)

View Item View Item