STRATEGI KOMUNIKASI DARI KOMUNITAS KLUB MOTOR UNTUK MEMBENTUK CITRA (Studi Deskriptif Harley Davidson Club Indonesia Pusat Periode 2018)

BINGARRAYNI, ELLAINE (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DARI KOMUNITAS KLUB MOTOR UNTUK MEMBENTUK CITRA (Studi Deskriptif Harley Davidson Club Indonesia Pusat Periode 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
01 Halaman Judul.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Lembar Persetujuan Sidang Skripsi.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 Lembar Tanda Lulus Sidang Skripsi.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Lembar Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 Abstrak.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Kata Pengantar.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Bagi organisasi non-profit seperti komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), penting mengembangkan strategi komunikasi untuk membentuk citra yang baik, karena komunitas ini riskan mendapatkan opini yang negatif. Hal ini dikarenakan penampilan maupun kegiatan yang dilakukan anggotanya akan merepresentasikan citra organisasi. Sikap arogan dari beberapa oknum anggota dalam menghadapi permasalahan di jalan raya dan juga pertengkaran antara penggendara dengan pengguna jalan lain mendapat sorotan tajam dari beberapa media yang membuat citra HDCI menjadi buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dari komunitas klub motor HDCI Pusat untuk membentuk citra dilihat dari empat rumusan strategi komunikasi yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi dan penetapan media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, studi literatur dan wawancara mendalam yang dilakukan kepada tiga informan dari internal HDCI Pusat yaitu Ketua Umum, Wasekjen dan Staf Sekertariat serta dua informan dari pihak eksternal yaitu masyarakat. Hasil penelitian strategi komunikasi yang diterapkan oleh komunitas HDCI telah dilaksanakan melalui beberapa tahap sesuai konsep strategi komunikasi. Tahap pertama yaitu menentukan khalayak dengan menerapkan 6 nilai organisasi dan target utama HDCI adalah seluruh masyarakat Indonesia. Tahap kedua yaitu menyusun pesan, HDCI menyampaikan sosialisasi gerakan nasional 5 NO melalui beberapa kegiatan tatap muka, media sosial dan media luar ruang untuk mendukung kegiatan. Untuk menyampaikan pesan sebagai tahap ketiga dari strategi komunikasi, HDCI menetapkan metode persuasif dan redundancy (pengulangan). Tahap keempat yaitu seleksi dan penetapan media, HDCI menerbitkan media cetak berupa internal magazine dan manual book cara berkendara Harley Davidson. Disamping itu, HDCI juga memiliki website dan media sosial yang terdiri dari twitter, facebook, dan Instagram. HDCI juga membina hubungan baik dengan media nasional terkait liputan kegiatan yang diadakan oleh HDCI.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215210003
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Strategi Komunikasi, Citra
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:07
Last Modified: 15 Feb 2024 06:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86096

Actions (login required)

View Item View Item