BINGARRAYNI, ELLAINE (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DARI KOMUNITAS KLUB MOTOR UNTUK MEMBENTUK CITRA (Studi Deskriptif Harley Davidson Club Indonesia Pusat Periode 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text
01 Halaman Judul.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
02 Lembar Persetujuan Sidang Skripsi.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
03 Lembar Tanda Lulus Sidang Skripsi.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
04 Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
05 Lembar Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
06 Abstrak.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
07 Kata Pengantar.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
08 Daftar Isi.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
09 Daftar Gambar.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
Abstract
Bagi organisasi non-profit seperti komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), penting mengembangkan strategi komunikasi untuk membentuk citra yang baik, karena komunitas ini riskan mendapatkan opini yang negatif. Hal ini dikarenakan penampilan maupun kegiatan yang dilakukan anggotanya akan merepresentasikan citra organisasi. Sikap arogan dari beberapa oknum anggota dalam menghadapi permasalahan di jalan raya dan juga pertengkaran antara penggendara dengan pengguna jalan lain mendapat sorotan tajam dari beberapa media yang membuat citra HDCI menjadi buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dari komunitas klub motor HDCI Pusat untuk membentuk citra dilihat dari empat rumusan strategi komunikasi yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi dan penetapan media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, studi literatur dan wawancara mendalam yang dilakukan kepada tiga informan dari internal HDCI Pusat yaitu Ketua Umum, Wasekjen dan Staf Sekertariat serta dua informan dari pihak eksternal yaitu masyarakat. Hasil penelitian strategi komunikasi yang diterapkan oleh komunitas HDCI telah dilaksanakan melalui beberapa tahap sesuai konsep strategi komunikasi. Tahap pertama yaitu menentukan khalayak dengan menerapkan 6 nilai organisasi dan target utama HDCI adalah seluruh masyarakat Indonesia. Tahap kedua yaitu menyusun pesan, HDCI menyampaikan sosialisasi gerakan nasional 5 NO melalui beberapa kegiatan tatap muka, media sosial dan media luar ruang untuk mendukung kegiatan. Untuk menyampaikan pesan sebagai tahap ketiga dari strategi komunikasi, HDCI menetapkan metode persuasif dan redundancy (pengulangan). Tahap keempat yaitu seleksi dan penetapan media, HDCI menerbitkan media cetak berupa internal magazine dan manual book cara berkendara Harley Davidson. Disamping itu, HDCI juga memiliki website dan media sosial yang terdiri dari twitter, facebook, dan Instagram. HDCI juga membina hubungan baik dengan media nasional terkait liputan kegiatan yang diadakan oleh HDCI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44215210003 |
Uncontrolled Keywords: | Komunitas, Strategi Komunikasi, Citra |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:07 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86096 |
Actions (login required)
View Item |