Usman, FirdaRamadani (2024) ANALISIS PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM GANTARI INDONESIA (@gantari.indonesia) DALAM PENYEBARAN INFORMASI PELESTARIAN ALAM INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 01 COVER - firda rama.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 02 ABSTRAK - firda rama.pdf Download (42kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 03 BAB I - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (Bab 2)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 04 BAB II - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (Bab 3)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 05 BAB III - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (Bab 4)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 06 BAB IV - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text (Bab 5)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 07 BAB V - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (Daftar pustaka)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 08 DAFTAR PUSTAKA - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (Lampiran)
44219110172-Firda Ramadani Usman- 09 LAMPIRAN - firda rama.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
||
Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - firda rama.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
Abstract
Gantari Indonesia sebagai sebuah komunitas sosial yang berfokus pada isu-isu pelestarian alam dan lingkungan di Indonesia memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media penyebaran informasi mereka kepada khalayaknya. Penggunaan Instagram dilakukan melihat bahwa ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai perusahaan, lembaga pemerintahan mau pun non pemerintahan serta organisasi non-profit pun telah memanfaatkan Instagram untuk mengembangkan nama mereka. Penelitian ini menganalisis penggunaan dan pengelolaan akun Instagram @gantari.indonesia dengan menggunakan metode ROSTIR oleh Regina Luttrell dan Teori Kekayaan Media (Media Richness Theory) oleh Richard Dat dan Robert Legel. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di mana data yang diperoleh tidak dalam bentuk angkat melainkan kalimat, pernyataan dan konsep yang terurai secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam tidak terstruktur kepada para key informan dan informan dan juga observasi terhadap akun @gantari.indonesia. Seluruh anggota Gantari Indonesia memiliki peran dalam menjalankan peran kehumasan mereka melihat bahwa mereka belum memiliki tim PR. Pembuatan konten untuk diunggah di Instagram dilakukan melalui tahapan-tahapan, strategi dan taktik agar penyebaran informasi dapat berjalan dengan efektif. Pemanfaatan fitur-fitur Instagram juga digunakan oleh Gantari Indonesia dalam penyebaran informasinya. Gantari Indonesia as a social community that focuses on nature and environmental conservation issues in Indonesia utilizes Instagram as a medium for disseminating information to its audience. The use of Instagram is carried out seeing that this is one of the social media most widely used by Indonesian people. Various companies, government and non-government institutions as well as non-profit organizations have also used Instagram to develop their namer or brand. This research paper analyzes the use and management of the Instagram account @gantari.indonesia using the ROSTIR method by Regina Luttrell and Media Richness Theory by Richard Dat and Robert Legel. This research approach uses a descriptive qualitative method where the data obtained is not in the form of extracts but rather sentences, statements and concepts that are described systematically. Data collection was carried out through unstructured in-depth interviews with key informants and informants and also observations of the @gantari.indonesia account. All members of Gantari Indonesia have a role in carrying out their public relations role seeing that they do not yet have a PR team. Creating content to upload on Instagram is carried out through stages, strategies and tactics so that information dissemination can run effectively. Gantari Indonesia also uses Instagram features to disseminate information
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44219110172 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Media Sosial, Komunitas, Public Relations, Komunikasi Lingkungan Instagram, Social Media, Community, Public Relations, Environmental Communication |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 05:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 05:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85981 |
Actions (login required)
View Item |