WACANA CERDIK DALAM IKLAN GOJEK CERDIKIAWAN DI MEDIA YOUTUBE TAHUN 2019 (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan GoJek Versi “GoJek Mempersembahkan: Cerdikiawan”)

Fajar, Bento Putra (2023) WACANA CERDIK DALAM IKLAN GOJEK CERDIKIAWAN DI MEDIA YOUTUBE TAHUN 2019 (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan GoJek Versi “GoJek Mempersembahkan: Cerdikiawan”). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
44316120074-Bento Putra Fajar-01 Cover - Bento Putra Fajar.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
44316120074-Bento Putra Fajar-02 Abstrak - Bento Putra Fajar.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
44316120074-Bento Putra Fajar-03 BAB 1 - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (Bab 2)
44316120074-Bento Putra Fajar-04 BAB 2 - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (Bab 3)
44316120074-Bento Putra Fajar-05 BAB 3 - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (Bab 4)
44316120074-Bento Putra Fajar-06 BAB 4 - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (Bab 5)
44316120074-Bento Putra Fajar-07 BAB 5 - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44316120074-Bento Putra Fajar-08 Daftar Pustaka - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (Lampiran)
44316120074-Bento Putra Fajar-09 Lampiran - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
44316120074-Bento Putra Fajar-10 Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Bento Putra Fajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Pada 22 Juli 2019, Gojek mengiklankan produknya dengan muatan wacara “cerdik” yang berjudul “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan” yang ditayangkan di media sosial Youtube dan telah ditonton lebih dari 100 juta. Iklan ini menggunakan pendekatan berupa slice of life dengan mengambil tema permasalahan sehari-hari yang sering dihadapi, dimana dengan wacana “cerdik” dalam Cerdikiawan, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda dan makna mengenai wacana cerdik yang tersirat dalam iklan Gojek versi Cerdikiawan di media Youtube. Teori semiotika Roland Barthes diterapkan dalam penelitian ini untuk mencari makna pesan yang disampaikan melalui tanda-tanda dalam iklan ini. Teori ini memungkinkan terjadinya proses signifikasi guna menganalisis konstruksi makna. Desain penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Data penelitian diperoleh melalui observasi untuk mencari unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang didapat bahwa iklan Gojek bertajuk “Cerdikiawan” dikemas dengan kumpulan beberapa adegan, menampilkan kecerdikan dalam aktivitas ringan sehari-hari yang dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Pesan dan makna cerdik ditunjukkan dengan berbagai cara: seperti menggunakan alat tambahan sederhana, atau mengganti fungsi sebuah alat menjadi alat lainnya, yang ditunjukkan pada adegan kesatu hingga sebelas. Tidak hanya menyampaikan cara cerdik menyelesaikan masalah, unsur kebahasaan yang dianalisa dari monolog setiap adegan yang ditampilkan juga menyampaikan hal-hal penting menjadi seorang “Cerdikiawan”. On July 22, 2019, Gojek advertised its product with a "cerdik (smart)" entitled "Gojek Presents: Cerdikiawan" which was broadcast on social media YouTube and has been watched by more than 100 million. This ad uses a slice-oflife approach with takes the theme of everyday problems that are often encountered, where with the "smart" discourse, these problems can be solved in simple ways. This study aims to find out the signs and meanings of the “cerdik” discourse implied in the “cerdik” version of Gojek advertisements on YouTube media. Roland Barthes' semiotic theory is applied in this study to find the meaning of the message conveyed through the signs in this advertisement. This theory allows a signification process to occur in order to analyze the construction meaning. The design of this study uses a critical paradigm with a qualitative approach using Roland Barthes's semiotic analysis method. Research data was obtained through observation to find the unit of analysis used in this study. The results of the study showed that the Gojek advertisement titled "Cerdikiawan" was packaged with a collection of several scenes, showing ingenuity in everyday light activities carried out in an unusual way. Ingenious messages and meanings are shown in various ways: such as using simple additional tools, or changing the function of one tool to another, as shown in scenes one through eleven. Not only conveying an ingenious way of solving problems, the linguistic elements analyzed from the monologue of each scene shown also convey the important things of being a "Cerdikiawan".

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44316120074
Uncontrolled Keywords: wacana cerdik, gojek, cerdikiawan, youtube, semiotika roland barthes. the discourse of “cerdik”, gojek, cerdikiawan, youtube, roland barthes' semiotic.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:19
Last Modified: 31 Jan 2024 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85682

Actions (login required)

View Item View Item