PEMANFAATAN INSTAGRAM @DISHUBDKIJAKARTA DALAM SOSIALISASI LAYANAN TRANSJAKARTA RUTE BANDARA SOEKARNO HATTA

IRAWAN, NABILA MAHSA (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM @DISHUBDKIJAKARTA DALAM SOSIALISASI LAYANAN TRANSJAKARTA RUTE BANDARA SOEKARNO HATTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (382kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak & Abstract.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

The Transjakarta service on the Soekarno Hatta Airport route is a new program from the DKI Jakarta Provincial Transportation Service together with PT Transjakarta. In order for this service to become known to the public, proper socialization is needed. The DKI Jakarta Provincial Transportation Service uses Instagram @dishubdkijakarta to socialize Transjakarta services on the Soe-karno Hatta Airport route as well as public communication media for public relations in interacting with the public. The aim of this research is to determine the use of Instagram @dishubdkijakarta in socializing Transjakarta services on the Soekarno Hatta Airport route. This research uses a post-positivism paradigm with a case study method by collecting data through interviews and observations of 6 sources. Researchers also use journals or books to support research results, as well as implementing data validity tests to check the credibility of the data. The results of this research show that the DKI Jakarta Provincial Transportation Service uses Instagram as a medium for socializing Transjakarta services on the Soekarno Hatta Airport route by packaging information in the form of infographics containing 3 (three) contents in the feed feature, to build awareness and educate the public to switch from vehicles. private to public transport. The results of this research also show that the socialization of Transja- Karta services on the Soekarno Hatta Airport route via Instagram @dishubdkijakarta is a form of carrying out tactical and strategic roles by the Data and Information Center as government public relations. Keywords: Organizational Communication, Public Relations, Instagram, Socialization Layanan Transjakarta rute Bandara Soekarno Hatta merupakan pro-gram baru dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bersama PT Transjakarta. Agar layanan ini diketahui oleh masyarakat dibutuhkan sosial-isasi yang tepat. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan Instagram @dishubdkijakarta dalam sosialisasi layanan Transjakarta rute Bandara Soekarno Hatta serta media komunikasi publik untuk humas dalam berinteraksi dengan masyarakat . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Instagram @dishubdkijakarta dalam sosialisasi layanan Transjakarta rute Bandara Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan metode studi kasus dengan mengumpulkan datanya melalui wawancara dan ob-servasi terhadap 6 narasumber. Peneliti juga menggunakan Jurnal atau buku untuk mendukung hasil penelitian, serta mengimplementasikan uji keabsa-han data sebagai pengecekan kredibilitas data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan Instagram sebagai media sosialisasi layanan Transjakarta rute Bandara Soekarno Hatta dengan mengemas informasi da-lam bentuk infografis yang berisikan 3 (tiga) konten pada fitur feed, untuk membangun kesadaran dan mengedukasi masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa sosialisasi layanan Transjakarta rute Bandara Soekarno Hatta melalui Instagram @dishubdkijakarta merupakan sebagai bentuk menjalankan peran taktis dan peran strategis oleh Pusat Data dan Informasi sebagai humas pemerintah. Kata kunci: Komunikasi Organisasi, Public relations, Instagram,Sosialisasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 022
Call Number: SK/42/24/012
NIM/NIDN Creators: 44218110072
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Public relations, Instagram,Sosialisasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:01
Last Modified: 29 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85647

Actions (login required)

View Item View Item