KONSTRUKSI MEDIA ONLINE ATAS BERITA PENCOPOTAN KABARESKRIM BUDI WASESO (ANALISIS FRAMING BERITA DI MEDIAINDONESI.COM DAN VIVA.CO.ID PERIODE 2-9 SEPTEMBER 2015)

RAHMI, SYIFA (2016) KONSTRUKSI MEDIA ONLINE ATAS BERITA PENCOPOTAN KABARESKRIM BUDI WASESO (ANALISIS FRAMING BERITA DI MEDIAINDONESI.COM DAN VIVA.CO.ID PERIODE 2-9 SEPTEMBER 2015). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
HAL COVER.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berita adalah hasil dari konstruksi sosial yang selalu melibatkan pandangan, ideologi, dan nilai-nilai dari sebuah media. Realitas tidak dibentuk secara ilmiah tetapi dibentuk dan di konstruksi. Salah satu berita yang menyita perhatian publik di penghujung tahun 2016 adalah mengenai pencopotan Kabareskrim Budi Waseso yang menuai kontroversi, hal ini disebabkan pemberhentian tugas Budi Waseso di Bareskrim terkait dengan pengungkapan kasus PT Pelindo II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan konstruksi media online mediaindonesia.com dan viva.co.id periode 2-9 September 2015 dalam pemberitaan pencopotan Kabareskrim Budi Waseso. Untuk mendukung penelitian ini teori yang digunakan adalah teori komunikasi menurut Deddy Mulyana, hubungan masyarakat menurut Frank Jefkins, media dan konstruksi realitas, analisis framing. Paradigma yang digunakan adalah konstruksionis, agar peneliti dapat mengetahui bagaimana dan seperti apa media mengkonstruksi pemberitaan mengenai pencopotan Kabareskrim Polri Budi Waseso pada rubrik media online mediaindonesia.com dan viva.co.id periode 2-9 September 2015. Metode yang digunakan adalah analisis framing dengan model pendekatan Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan konstruksi yang dilakukan oleh media mediaindonesia.com dan viva,co.id. Mediaindonesia.com mengedepankan netralitas dan objektivitas berita sedangkan viva.co.id lebih banyak memberikan ruang kepada satu pihak saja

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44213320009
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:24
Last Modified: 17 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85429

Actions (login required)

View Item View Item