PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERNAL DI PENERBIT ERLANGGA

SARI THERESIA, REGINA (2016) PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERNAL DI PENERBIT ERLANGGA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
Hal Cover.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Peran humas dalam sebuah organisasi, perusahaan, maupun pemerintahan pada zaman sekarang semakin dianggap penting. Penerbit Erlangga sebagai salah satu penerbitan terbesar di Indonesia juga merasakan bahwa peran humas dalam perusahaan dianggap mampu membantu perusahaan dalam menjalankan strategi komunikasi yang efisien dan efektif terhadap seluruh publiknya terutama publik internalnya. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dan hambatan apa saja yang telah dialami oleh tim Marketing Communications dalam membangun komunikasi internal di Penerbit Erlangga dengan landasan teori peran PR yang terdapat di dalam buku Scott M. Cutlip, Allen H.Center, Glen M. Broom yaitu Effective Public Relations. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dilengkapi dengan metode penelitian wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini menjabarkan peran kehumasan yang meliputi expert prescriber, communication facilitator, problem solving process facilitator, dan communication techinician yang dilakukan oleh tim Marketing Communications kepada publik internal di Erlangga. Baik dari identifikasi masalah, pembuatan strategi komunikasi, pelaksanaan kegiatan, implementasi program komunikasi, monitoring, hingga evaluasi kegiatan oleh tim Marketing Communications dalam melaksanakan peran humas bagi publik internal di Penerbit Erlangga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran humas yang paling dominan yang dijalankan oleh tim Marketing Communications Penerbit Erlangga terhadap publik internalnya yaitu Expert Prescriber. Expert Prescriber mengindikasikan bahwa tim Marketing Communications terlibat secara penuh dalam mengindentifikasikan masalah yang terjadi di perusahaan dan bertanggung jawab dalam mencari solusi permasalahan melalui program dan cara komunikasi yang tepat dan bermanfaat tehadap pelaksanaan berbagai program maupun kegiatan komunikasi hingga tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44214310009
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:57
Last Modified: 17 Jan 2024 02:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85421

Actions (login required)

View Item View Item