SUSAN, SUSAN (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Wajib Pajak UMKM Di DKI Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (596kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
Abstract
This study aims to determine the effect of taxation knowledge, taxpayer awareness, and tax sanctions on MSME taxpayer compliance with tax socialization as a moderating variable. This study uses the slovin formula for sampling by distributing questionnaires. The data used is primary data sourced from distributing questionnaires to 100 MSME taxpayers in DKI Jakarta. The data analysis method is Moderated Regression Analysis (MRA) which is used to understand whether the effect of the independent variable on the dependent variable is influenced by the moderating variable. This research is a type of causal research that aims to determine the cause - effect between variables. This study uses a quantitative research design to collect a number of data that is useful for explaining the characteristics of each variable with other variables. The results of this study indicate that taxpayer awareness has a positive effect on MSME taxpayer compliance, while the tax knowledge variable, and tax sanctions have no effect on MSME taxpayer compliance. Tax socialization cannot moderate tax knowledge, taxpayer awareness, and tax sanctions on the compliance of MSME taxpayers in DKI Jakarta. Keywords: Taxation Knowledge, Taxpayer Awareness, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance, and Taxation Socialization. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk pengambilan sampel dengan meyebarkan kuesioner. Data yang digunakan yaitu data primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner terhadap 100 Wajib Pajak UMKM di DKI Jakarta. Metode analisis data adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yang digunakan untuk memahami apakah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dipengaruhi oleh variabel moderasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal yang mana bertujuan untuk mengetahui sebab – akibat antara variabel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan sejumlah data yang berguna untuk menjelaskan karakteristik setiap variabel dengan variabel lainnya. Alat yang digunakan untuk menguji penelitian ini adalah aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sedangkan variabel pengetahuan perpajakan, dan sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sosialisasi perpajakan tidak dapat memoderasi pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di DKI Jakarta. Kata Kunci: Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Dan Sosialisasi Perpajakan.
Actions (login required)
View Item |