PERANCANGAN ART MUSEUM, RETAIL, OFFICE, DAN APARTEMEN DENGAN PENDEKATAN KATALIS DALAM URBAN DESAIN

EXTON, YULIAN (2021) PERANCANGAN ART MUSEUM, RETAIL, OFFICE, DAN APARTEMEN DENGAN PENDEKATAN KATALIS DALAM URBAN DESAIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER - YULIAN EXTON.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - YULIAN EXTON.pdf

Download (975kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - YULIAN EXTON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Kota yang diartikan sebagai suatu sistem jaringan kehidupan yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata ekonomi yang heterogen dan bercorak materialistis, serta kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi. Dengan kedudukan kota sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, membuat manajemen kota yang rumit karena kepentingan dari banyak pihak. Namun, banyaknya kepentingan pada sebuah kota memberi dampak pada pertumbuhan ruang yang tidak merata di dalam kota. Dalam hal ini, disarankan bahwa perancangan dengan pendekatan katalis untuk daerah pusat kota. Urban katalis dapat berupa hotel pada suatu kota, suatu kompleks perbelanjaan, atau sebuah jalur transportasi, dapat juga merupakan museum atau theater. Dapat berupa ruang terbuka yang dirancang atau bentuk khusus seperti kolonade atau air mancur. Sebuah urban catalyst memberikan kegunaan yang lebih besar daripada sekedar pemecahan masalah fungsional, atau menghasilkan investasi, atau menyediakan sarana rekreasi. Katalis adalah sebuah elemen urban yang dibentuk oleh kota dan dalam kelanjutannya membentuk konteks nya. Desain bangunan mixed use yang dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan penduduk kota. Memiliki 4 fungsi yaitu sebagai hunian apartemen, retail, office dan art museum. Perancangan dengan pendekatan katalis, dalam artian agar dengan adanya bangunan ini dapat menjadi elemen yang mendorong dan mengarahkan pada perkembangan berikutnya, dalam hal: banyaknya macam fungsi yang terdapat dalam 1 bangunan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna, desain bangunan yang mengutamakan keserasian dengan lingkungan sekitar, dan mampu menjadi penggerak perekonomian suatu kawasan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41216120050
Uncontrolled Keywords: Kota yang diartikan sebagai suatu sistem jaringan kehidupan yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata ekonomi yang heterogen dan bercorak materialistis, serta kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi. Dengan kedudukan kota sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, membuat manajemen kota yang rumit karena kepentingan dari banyak pihak. Namun, banyaknya kepentingan pada sebuah kota memberi dampak pada pertumbuhan ruang yang tidak merata di dalam kota. Dalam hal ini, disarankan bahwa perancangan dengan pendekatan katalis untuk daerah pusat kota. Urban katalis dapat berupa hotel pada suatu kota, suatu kompleks perbelanjaan, atau sebuah jalur transportasi, dapat juga merupakan museum atau theater. Dapat berupa ruang terbuka yang dirancang atau bentuk khusus seperti kolonade atau air mancur. Sebuah urban catalyst memberikan kegunaan yang lebih besar daripada sekedar pemecahan masalah fungsional, atau menghasilkan investasi, atau menyediakan sarana rekreasi. Katalis adalah sebuah elemen urban yang dibentuk oleh kota dan dalam kelanjutannya membentuk konteks nya. Desain bangunan mixed use yang dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan penduduk kota. Memiliki 4 fungsi yaitu sebagai hunian apartemen, retail, office dan art museum. Perancangan dengan pendekatan katalis, dalam artian agar dengan adanya bangunan ini dapat menjadi elemen yang mendorong dan mengarahkan pada perkembangan berikutnya, dalam hal: banyaknya macam fungsi yang terdapat dalam 1 bangunan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna, desain bangunan yang mengutamakan keserasian dengan lingkungan sekitar, dan mampu menjadi penggerak perekonomian suatu kawasan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 720.1-720.9 Standard Subdivisions of Architecture/Subdivisi Standar dari Arsitektur > 720.1 Philosophy and Theory of Architecture/Filsafat dan Teori Arsitektur > 720.28 Techniques and Procedures of Architecture/Teknik dan Prosedur Arsitektur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 727 Building for Educational and Research Purposes/Arsitektur Gedung Institusi Pendidikan dan Penelitian > 727.4 Professional and Technical Building Architecture/Arsitektur Gedung Pendidikan Kejuruan dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:29
Last Modified: 01 Dec 2023 02:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84473

Actions (login required)

View Item View Item