MURTIANSYAH, IRFAN (2021) PERANCANGAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL, PENDEKATAN ARSITEKTUR ISLAMI DAN POSTMODERN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
2. Cover - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3. Abstrak - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4. BAB 1 - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (BAB II)
5. BAB 2 - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
6. BAB 3 - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7. BAB 4 - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
Text (BAB V)
8. BAB 5 - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran - Irfan Murtiansyah UMB30.pdf Restricted to Registered users only Download (53MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan tempat penting diera pendidikan 4.0, Indonesia perlu mengembangkan pola pendidikan asli dari Indonesia sendiri yaitu pendidikan ala pesantren. Karena pesantren telah terbukti mampu mencetak kader-kader bangsa yang lebih berkarakter dan berakhlakul karimah dibanding lembaga lembaga pendidikan lainnya yang ada di indonesia. Pesantren merupakan tempat dimana siswa dan santri di didik tidak hanya tentang pelajaran umum tapi juga siswa di didik untuk pandai mengaji dan juga beribadah sesuai dengan ilmu dan syariat islam. Pesantren adalah sebuah kompleks pendidikan yang umumnya terpisah dari kehidupan masyarakat disekitarnya, padatnya kegiatan santri saat menimba ilmu di lingkungan Pesantren dapat menimbulkan rasa jenuh dalam belajar. Dari pernyataan di atas maka diperlukan sarana pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan keagamaan dan sosial umat Islam berupa Islamic Boarding School,dengan pendekatan Arsitektur Islami dan Postmodern sebagai sebagai upaya melestarikan budaya Islam dengan menerapkan perpaduan dua unsur gaya arsitektur Islam dan tradisional sebagai alat dalam mengekpresikan desain bangunan, Islamic Boarding School merupakan perpaduan partisipasi aktif dalam lingkungan belajar, yaitu: sekolah, keluarga dan masyarakat. Konsep Arsitektur Islam dan Postmodern dengan menghadirkan perubahan ruang-ruang yang tercipta seperti warna, bentuk, detail elemen arsitektur maupun suasana interior berperan dalam memotivasi dan membangkitkan semangat belajar mengajar yang maksimal dan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Pesantren, Asrama, Arsitektur Islam, Postmod
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41216120035 |
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Asrama, Arsitektur Islam, Postmod |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 720.1-720.9 Standard Subdivisions of Architecture/Subdivisi Standar dari Arsitektur > 720.1 Philosophy and Theory of Architecture/Filsafat dan Teori Arsitektur > 720.28 Techniques and Procedures of Architecture/Teknik dan Prosedur Arsitektur 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 727 Building for Educational and Research Purposes/Arsitektur Gedung Institusi Pendidikan dan Penelitian > 727.4 Professional and Technical Building Architecture/Arsitektur Gedung Pendidikan Kejuruan dan Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 08:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 08:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84469 |
Actions (login required)
View Item |