CECILIA, CECILIA (2021) REPRESENTASI SIMBOL DALAM IKLAN TOKOPEDIA X BTS VERSI BEBAS ONGKIR- TOKOPEDIA SAJA! (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
01 Cover - Cécile.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1 - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2 - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3 - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4 - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5 - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran - Cécile.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
Abstract
Simbol selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tanda merepresentasikan suatu pemaknaan dan tujuan. Begitu banyaknya simbol yang kita lihat maka kecil kemungkinan kita memperhatikan setiap simbol tersebut secara spesifik. Hanya karena penggunaan BTS sebagai celebrity endorser yang merupakan salah satu boyband asal Korea Selatan, seperti yang diungkapkan koordinator aksi LAKSI (Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia). Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui lebih lanjut makna simbolis yang ingin disampaikan dalam iklan Tokopedia X BTS Versi Bebas Ongkir? Tokopedia Saja! pada segi pemaknaan atau semiotika kepada sekelompok boyband asal Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diambil dari situs YouTube. Teknik pengumpulan data diperoleh dari sekuens yang dianalisis dalam iklan, studi kepustakaan, literatur, buku dan internet. Teori yang digunakan adalah Semiotika model Ferdinand de Saussure melalui Signifier dan Signified atau “Penanda” dan “Petanda”. Pemilihan brand ambassador bintang K-pop dalam iklan yang disesuaikan dengan target market dan fasilitas-fasilitas yang mendukung menjadikan tren baru dalam strategi pemasaran yang digunakan perusahaan e-commerce salah satunya Tokopedia. Dalam berpakaian, bintang K-pop memiliki penampilan yang cukup nyentrik bila dibandingkan gaya umumnya laki-laki di Indonesia. Karena itulah apa yang ditampilkan oleh bintang K-pop merepresentasikan keberagaman ekspresi gender setiap manusia. Mereka memahami kediriannya sebagai laki-laki dan maskulinitas lewat serangkaian performativitasnya tersendiri, yang belum tentu sama dengan persepsi laki-laki Indonesia. Kata Kunci : Semiotika, Tokopedia, BTS, boyband Korea Selatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44317120067 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Tokopedia, BTS, boyband Korea Selatan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:17 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:17 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84413 |
Actions (login required)
View Item |