ANALISIS KONTEN KREATIF IKLAN BCA MOBILE BUAT APA SUSAH, CUKUP BUKA REKENING DI BCA MOBILE!

ALAM, KHARISMA (2021) ANALISIS KONTEN KREATIF IKLAN BCA MOBILE BUAT APA SUSAH, CUKUP BUKA REKENING DI BCA MOBILE! S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat telah merevolusi gaya hidup masyarakat ke arah digital yang turut memacu sektorsektor industri untuk mengikuti perubahan pola hidup tersebut. Salah satunya adalah industri perbankan yang mulai mengalami pergeseran dari sistem konvensional menjadi perbankan berbasis digital. Bank BCA adalah salah satu perusahaan yang mendukung penuh perkembangan perbankan berbasis digital dan teknologi untuk mempermudah dan memberi nilai tambah bagi masyarakat Indonesia. Penelitian ini menganalisis konten iklan BCA Mobile versi ‘Buat Apa Susah, Cukup Buka Rekening di BCA Mobile’ menggunakan tiga komponen analisis semiotika sosial M.A.K Halliday (medan wacana, pelibat wacana, sarana wacana) dengan paradigma kritis yang bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam konten iklan BCA Mobile. Semioika Sosial lebih cenderung melihat bahasa sebagai sistem tanda atau simbol yang sedang mengekspresikan nilai dan norma kultural dan sosial suatu masyarakat tertentu di dalam suatu proses sosial kebahasaan. Medan wacana yang digunakan dalam tiap scene adegan iklan ini hampir seluruhnya relevan dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia, Pelibat wacananya banyak berfokus pada anak-anak muda atau generasi milenial yang merupakan konsumen utama saat ini dan masa depan. Sarana wacana yang digunakan berupa bahasa dalam bentuk voice over untuk mempermudah audiens memahami makna pesan. Dengan menggambarkan permasalahan transaksi perbankan yang sering dialami masyarakat Indonesia BCA ingin mengkosntruksikan aplikasi BCA Mobile sebagai solusi kebutuhan gaya hidup digital yang menyenangkan dan mudah digunakan. Kata Kunci: Perubahan sosial, Semiotika sosial, Gaya hidup digital, BCA Mobile

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317110082
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial, Semiotika sosial, Gaya hidup digital, BCA Mobile
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:00
Last Modified: 29 Nov 2023 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84408

Actions (login required)

View Item View Item