ALAM, KHARISMA (2021) ANALISIS KONTEN KREATIF IKLAN BCA MOBILE BUAT APA SUSAH, CUKUP BUKA REKENING DI BCA MOBILE! S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat telah merevolusi gaya hidup masyarakat ke arah digital yang turut memacu sektorsektor industri untuk mengikuti perubahan pola hidup tersebut. Salah satunya adalah industri perbankan yang mulai mengalami pergeseran dari sistem konvensional menjadi perbankan berbasis digital. Bank BCA adalah salah satu perusahaan yang mendukung penuh perkembangan perbankan berbasis digital dan teknologi untuk mempermudah dan memberi nilai tambah bagi masyarakat Indonesia. Penelitian ini menganalisis konten iklan BCA Mobile versi ‘Buat Apa Susah, Cukup Buka Rekening di BCA Mobile’ menggunakan tiga komponen analisis semiotika sosial M.A.K Halliday (medan wacana, pelibat wacana, sarana wacana) dengan paradigma kritis yang bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam konten iklan BCA Mobile. Semioika Sosial lebih cenderung melihat bahasa sebagai sistem tanda atau simbol yang sedang mengekspresikan nilai dan norma kultural dan sosial suatu masyarakat tertentu di dalam suatu proses sosial kebahasaan. Medan wacana yang digunakan dalam tiap scene adegan iklan ini hampir seluruhnya relevan dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia, Pelibat wacananya banyak berfokus pada anak-anak muda atau generasi milenial yang merupakan konsumen utama saat ini dan masa depan. Sarana wacana yang digunakan berupa bahasa dalam bentuk voice over untuk mempermudah audiens memahami makna pesan. Dengan menggambarkan permasalahan transaksi perbankan yang sering dialami masyarakat Indonesia BCA ingin mengkosntruksikan aplikasi BCA Mobile sebagai solusi kebutuhan gaya hidup digital yang menyenangkan dan mudah digunakan. Kata Kunci: Perubahan sosial, Semiotika sosial, Gaya hidup digital, BCA Mobile
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44317110082 |
Uncontrolled Keywords: | Perubahan sosial, Semiotika sosial, Gaya hidup digital, BCA Mobile |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:00 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84408 |
Actions (login required)
View Item |