KRITIK SOSIAL TENTANG NILAI-NILAI PERNIKAHAN PADA DRAMA KOREA THE WORLD OF MARRIED (Analisis Resepsi di Kalangan Wanita Karir Jakarta Barat)

RAMADHANI, BEBY (2021) KRITIK SOSIAL TENTANG NILAI-NILAI PERNIKAHAN PADA DRAMA KOREA THE WORLD OF MARRIED (Analisis Resepsi di Kalangan Wanita Karir Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover Beby.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Hadirnya drama The World of Married pada tahun 2020 mengangkat cerita tentang konflik keluarga. Konflik dalam keluarga merupakan bagian dari permasalahan sosial. Hal ini mendorong khalayak melakukan kritik sosial pada setiap adegan yang dimunculkan dalam drama The World of Married. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana interprestasi khalayak dalam kritik sosial mengenai nilai-nilai pernikahan pada drama korea The World of Married. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis resepsi. Teori dasar yang di gunakan adalah encoding-decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall tentang bagaimana khalayak menerima pesan dari suatu teks media dengan paradigma kontruktivisme yakni melalui pemahaman dan gagasan penonton berdasarkan ilmu pengetahuan, cara berpikir dan pengalaman pribadi setelah menonton, dimana penonton menempatkan nilai-nilai pernikahan. Data yang diperoleh yakni data primer seperti wawancara mendalam dan data sekunder meliputi data dokumentasi seperti buku dan internet. Hasil penelitian menunjukkan pemaknaan yang berbeda didapat saat khalayak menonton dan menginterpresikan kritik pada adegan yang tidak sesuai pada nilainilai pernikahan pada drama korea The World of Married yang dimaknai oleh lima informan yang masuk kedalam kategori opposite pada adegan perselingkuhan, kekerasan dan pornografi yang menjadi fokus penelitian. (Kata kunci: Kritik Sosial, Analisis Resepsi, Drama)

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44116110023
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Analisis Resepsi, Drama)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 25 Nov 2023 08:04
Last Modified: 25 Nov 2023 08:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84320

Actions (login required)

View Item View Item