IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPANYE "GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH" OLEH DANONE INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK AWARENESS PENDAKI GUNUNG UNTUK TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN

ARDHANTI, ANISSA NINDYA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPANYE "GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH" OLEH DANONE INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK AWARENESS PENDAKI GUNUNG UNTUK TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRACT.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

Seiring meningkatnya trend pendakian gunung-gunung di Indonesia, semakin meningkat pula volume sampah digunung, pola permasalahan ini akan terus meningkat jika pendaki tidak menyadari tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui landasan dan implementasi dari kampanye “Gunung Bukan Tempat Sampah” sekaligus mengetahui awareness dan partisipasi pendaki gunung terhadap permasalahan sampah yang ada digunung. Dalam penelitian ini, penulis didukung oleh konsep dan teori kampanye Public Relations, awareness dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan design studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan dilaksanakannya kampanye ini karena visi perusahaan One Planet One Health, hasil riset Trashbag Community tentang permasalahan sampah digunung mengatakan bahwa satu gunung bisa menghasilkan 0,5ton sampah/bulan, kesadaran pendaki gunung akan permasalahan sampah digunung masih kurang serta minimnya pengawasan. Implementasi Kampanye dilaksanakan langsung di 17 gunung, didalamnya mencangkup aksi Sapu Jagad, edukasi, sharing session, serta pengolahan sampah di RBU milik Danone. Kampanye disebarluaskan pula di media social sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Awareness dan Partisipasi Pendaki Gunung dalam Kampanye “Gunung Bukan Tempat Sampah”. Setelah mengikuti kampanye ini mengalami peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap serta perilaku yang lebih menyadari akan pentingnya permasalahan sampah digunung. Dan ikut berpartisipasi langsung dalam kampanye baik saat berlangsung acara dan setelah acara selesai masih menjadi pioneer dalam upaya untuk tidak membuang sampah digunung. Kesimpulan penelitian ini yaitu kampanye “Gunung Bukan Tempat Sampah” merupakan suatu bentuk tanggung jawab perusahaan yang dibuat dan direncanakan dengan matang hingga tahap implementasi kampanye langsung di 17 Gunung yang ada di Indonesia disebarluaskan melalui media social sebagai upaya untuk membentuk awareness khalayak sasaran. Kata Kunci: Kampanye Public Relations, Awareness, Partisipasi, Danone Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 195
NIM/NIDN Creators: 44216010168
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations, Awareness, Partisipasi, Danone Indonesia.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:51
Last Modified: 10 Nov 2023 01:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84088

Actions (login required)

View Item View Item