PROSES KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA GURU DAN MURID DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 7 JAKARTA JENJANG SMP (TUNARUNGU)

PUTRI, DEVINA ASTI (2023) PROSES KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA GURU DAN MURID DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 7 JAKARTA JENJANG SMP (TUNARUNGU). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

State Special School 7 Jakarta is an educational institution which is a national education system which is specifically created for students who have special needs and experience difficulties in following the formal learning process because they have physical, emotional, social mental disorders, etc. but in Behind children who have disabilities, they definitely have the potential for hidden intelligence and special talents. The existence of this Special School aims to help educate deaf children to form independent characters. This research analyzes the interpersonal communication process between teachers and students in forming the independent character of children with special needs at SLB Negeri 7 Jakarta at the junior high school level (Deaf). The focus on this unique interaction aims to understand the role of communication in supporting the independent character development of children with special needs in a special education environment. By using the theoretical basis of data reduction, data presentation, and verification. This study uses qualitative data analysis, with a descriptive method. The results of this research explain that the interpersonal communication process between teachers and students has an important role in forming the independent character of children with special needs at SLB Negeri 7 Jakarta. It was found that interactions that are empathetic, adaptive, and aimed at strengthening self-confidence and active participation, significantly support the development of adaptability and independence in children with special needs. This research provides in-depth insight into effective communication strategies in a special education environment, which can be directed at increasing the formation of independent character in children with special needs (Deaf). Keywords: Interpersonal Communication, Character Education. Deaf, Learning Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta adalah Lembaga Pendidikan yang merupakan sistem pendidikan Nasional yang secara khusus dibuat untuk peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus dan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran yang formal karena memiliki kelainan fisik, emosional,mental sosial, dan lain-lain tetapi di balik anak-anak yang memiliki kekurangan pasti memiliki potensi kecerdasaan dan bakat istimewa yang tersembunyi, dengan adanya Sekolah Luar Biasa ini bertujuan untuk membantu mendidik anak-anak tunarungu untuk membentuk karakter Mandiri. Penelitian ini menganalisis proses komunikasi antarpribadi antara guru dan murid dalam membentuk karakter mandiri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta jenjang SMP (Tunarungu). Fokus pada interaksi unik ini bertujuan untuk memahami peran komunikasi dalam mendukung pengembangan karakter mandiri anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan pendidikan khusus. Dengan menggunakan landasan teori reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Kualitatif, dengan metode Deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses komunikasi antarpribadi antara guru dan murid memiliki peran penting dalam pembentukan karakter mandiri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta. Ditemukan bahwa interaksi yang empatik, adaptif, dan terarah pada penguatan kepercayaan diri serta partisipasi aktif, secara signifikan mendukung perkembangan kemampuan beradaptasi dan kemandirian anak-anak kebutuhan khusus. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang strategi komunikasi yang efektif dalam lingkungan pendidikan khusus, yang dapat diarahkan untuk meningkatkan pembentukan karakter mandiri pada anak-anak berkebutuhan khusus (Tunarungu). Kata Kunci: Komunikasi antarpribadi , Pendidikan Karakter . Tunarungu, Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 189
NIM/NIDN Creators: 44219010143
Uncontrolled Keywords: Komunikasi antarpribadi , Pendidikan Karakter . Tunarungu, Pembelajaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:35
Last Modified: 09 Nov 2023 03:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84052

Actions (login required)

View Item View Item