STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL PT DARYA VARIA LABORATORIA DALAM PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA KARYAWAN MILENIAL

FAHREZI, MOHAMMAD SANDY (2021) STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL PT DARYA VARIA LABORATORIA DALAM PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI KEPADA KARYAWAN MILENIAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover dan lembar pengesahan.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

This study is a study that seeks to explain the internal communication strategy in the process of delivering information to millennial employees at PT Darya Varia Laboratoria which has many employees spread throughout Indonesia, where 69% of employees are millennial generation, so an appropriate internal communication strategy is needed so that delivery information can be conveyed properly and easily accepted by millennial employees. With the differences in the characteristics of the millennial generation with the previous generation, the strategies used in conveying information to employees are also different. The concept in this writing is Internal Communication, organizational communication and Public Relations. This writing focuses on the components of the communication strategy starting from analyzing the audience, collecting messages to processing and packaging the message so that it is attractive and easy to understand, choosing the right media, and using methods that are in accordance with the objectives of the information to be conveyed to millennial employees in the company. In this study the authors used qualitative research methods. The data that will be obtained from this study using in-depth interview techniques to key informants from PT Darya Varia Laboratoria and several informants. The results of the study indicate that internal communication runs regularly starting at the leadership level, then continues to the middle leadership level with the implementers. The number of employees reached 2,951 and 61 percent of them were Millennial employees. Although the number of millennial employees is greater than the previous generation's employees, internal communications do not focus on millennial employees. However, the Culture Unit which has a job desk runs an internal communication program, based on input in formal meetings, using the latest media such as Email Blast, Whatsapp, Zoom Meeting to be more in line with the expectations of millennial employees. Keywords: Internal Communication, Public Relations, Organizational Communication, Millennials Penelitian ini merupakan penelitian yang berusaha untuk menjelaskan strategi komunikasi internal dalam proses penyampaian informasi kepada karyawan milenial di PT Darya Varia Laboratoria yang memiliki banyak karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia yang mana 69% karyawannya adalah generasi milenial, sehingga diperlukan strategi komunikasi internal yang tepat agar penyampaian informasi dapat tersampaikan dengan baik dan mudah di terima oleh karyawan milenial. Dengan adanya perbedaan karakterisik generasi milenial dengan generasi sebelumnya maka berbeda pula strategistrategi yang digunakan dalam menyampaikan informasi kepada karyawan. Konsep dalam penulisan ini yaitu Komuniksi Internal, komunikasi organisasi dan Public Relations. Penulisan ini berfokus pada komponen strategi komunikasi dimulai dari menganalisis khalayak, mengumpulkan pesan sampai dengan mengolah dan mengemas pesan tersebut sehingga menarik dan mudah dimengerti, memilih media yang tepat, dan menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan dari informasi yang ingin disampaikan kepada karyawan milenial di perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang akan di peroleh dari penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam kepada keyinforman dari PT Darya Varia Laboratoria dan beberapa informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi internal berjalan secara rutin dimulai di level pimpinan, kemudian berlanjut ke level pimpinan menengah dengan pelaksana. Jumlah Karyawan mencapai 2.951 dan 61 persennya adalah karyawan Millenial. Kendati jumlah karyawan millenial lebih besar dibanding karyawan generasi sebelumnya, namun komunikasi internal yang dilakukan tidak mengkhususkan pada karyawan millenial. Namun demikian, Unit Culture yang memiliki job desk menjalankan program komunikasi internal, berdasarkan masukan dalam rapat formal, menggunakan media-media yang terbaru seperti Email Blast, Whatsapp,Zoom Meeting agar lebih sesuai dengan harapan karyawan milenial. Kata Kunci : Komunikasi Internal, Public Relations, Komunikasi Organisasi, Milenial

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215010063
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Public Relations, Komunikasi Organisasi, Milenial
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:07
Last Modified: 07 Nov 2023 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83951

Actions (login required)

View Item View Item