ANALISIS KINERJA DAN KEPUASAN PELAYANAN PENUMPANG TERHADAP BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS TANGERANG KORIDOR 3 (RUTE CILEDUG – TANGCITY)

JAILANI, MOCHAMAD AGUS KODIR (2021) ANALISIS KINERJA DAN KEPUASAN PELAYANAN PENUMPANG TERHADAP BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS TANGERANG KORIDOR 3 (RUTE CILEDUG – TANGCITY). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu kota besar, Kota Tangerang memiliki beberapa permasalahan, salah satu diantaranya adalah kemacetan dikarenakan bertambahnya jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sejalan dengan jumlah penduduk di Kota Tangerang maupun warga sekitaran Tangerang yang datang ke Kota Tangerang, untuk bekerja, berbelanja, bersekolah dan lain - lain. Salah satu cara untuk mengatasi kemacetan di Kota Tangerang yang dilakukan pemerintah Kota Tangerang adalah menyediakan jasa transportasi berupa Bus Trans Tangerang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menilai kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja Bus Trans Tangerang rute Ciledug – Tangcity. Berdasarkan analisis kinerja hasil kuesioner menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Chi Square yang mengacu kepada 5 dimensi tngkat pelayanan (SERVQUAL) di dapat dari pengguna Bus Trans Tangerang rute Ciledug – Tangcity yang menyatakan kinerja Bus Trans Tangerang Sangat Baik (SB) didapat sebesar 12,55 %,. Kemudian yang menjawab Baik (B) didapat sebesar 35,9 %,. Cukup baik (CB) didapat sebesar 35,15 %,. Kurang Baik (KB) didapat sebesar 14,4 % dan Tidak Baik (TB) didapat sebesar 2 %. Sedangkan kepuasan penumpang Bus Trans Tangerang Sangat Puas (SP) didapat sebesar 15,8 % kemudian yang menjawab Puas (P) didapat sebesar 36,8 %, Cukup Puas (CP) didapat sebesar 31,25 %, Kurang Puas (KP) didapat Sebesar 13,85 % dan Tidak Puas (TP) didapat sebesar 2,3 %. Penelitian ini diharapkan menjadi refrensi atau bahkan pertimbangan pemerintah kota Tangerang mengambil sebuah kebijakan agar kinerja dan pelayanan Bus Trans Tangerang Semakin meningkat dalam mengurangi kemacetan di kota Tangerang. Kata Kunci : Pelayanan Bus Trans Tangerang, SERVQUAL, Importance Perftormance Analysis, Chi Square As one of the big cities, Kota Tangerang has several problems, one of which is congestion due to the increase in the number of vehicles, both two-wheeled and four-wheeled, in line with the number of residents in Tangerang City and residents around Tangerang who come to Tangerang City to work, shop , go to school and others. One of the ways to overcome congestion in Tangerang City that is carried out by the Tangerang City government is to provide transportation services in the form of Trans Tangerang Buses. Therefore it is necessary to conduct research to assess the performance and quality of service to determine how much the level of passenger satisfaction with the performance of the Trans Tangerang Bus Ciledug - Tangcity route. Based on the performance analysis of the results of the questionnaire using the Importance Performance Analysis (IPA) and Chi Square method which refers to the 5 dimensions of service level (SERVQUAL) obtained from users of the Trans Tangerang Bus on the Ciledug - Tangcity route which states that the performance of the Trans Tangerang Bus is Very Good (SB) is obtained by 12.55% ,. Then those who answered Good (B) were obtained at 35.9% ,. Good enough (CB) was obtained at 35.15% ,. Poor (KB) was obtained by 14.4% and Bad (TB) was obtained by 2%. While Trans Tangerang Bus passenger satisfaction is Very Satisfied (SP) obtained by 15.8%, then those who answered Satisfied (P) were 36.8%, Quite Satisfied (CP) was obtained by 31.25%, Less Satisfied (KP) was obtained by 13.85% and Dissatisfied (TP) were 2.3%. This research is expected to be a reference or even a consideration for the Tangerang city government to adopt a policy so that the performance and service of Trans Tangerang buses will increase in reducing congestion in the city of Tangerang. Keywords: Trans Tangerang Bus Service, SERVQUAL, Importance Performance Analysis, Chi Square Sebagai salah satu kota besar, Kota Tangerang memiliki beberapa permasalahan, salah satu diantaranya adalah kemacetan dikarenakan bertambahnya jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sejalan dengan jumlah penduduk di Kota Tangerang maupun warga sekitaran Tangerang yang datang ke Kota Tangerang, untuk bekerja, berbelanja, bersekolah dan lain - lain. Salah satu cara untuk mengatasi kemacetan di Kota Tangerang yang dilakukan pemerintah Kota Tangerang adalah menyediakan jasa transportasi berupa Bus Trans Tangerang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menilai kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja Bus Trans Tangerang rute Ciledug – Tangcity. Berdasarkan analisis kinerja hasil kuesioner menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Chi Square yang mengacu kepada 5 dimensi tngkat pelayanan (SERVQUAL) di dapat dari pengguna Bus Trans Tangerang rute Ciledug – Tangcity yang menyatakan kinerja Bus Trans Tangerang Sangat Baik (SB) didapat sebesar 12,55 %,. Kemudian yang menjawab Baik (B) didapat sebesar 35,9 %,. Cukup baik (CB) didapat sebesar 35,15 %,. Kurang Baik (KB) didapat sebesar 14,4 % dan Tidak Baik (TB) didapat sebesar 2 %. Sedangkan kepuasan penumpang Bus Trans Tangerang Sangat Puas (SP) didapat sebesar 15,8 % kemudian yang menjawab Puas (P) didapat sebesar 36,8 %, Cukup Puas (CP) didapat sebesar 31,25 %, Kurang Puas (KP) didapat Sebesar 13,85 % dan Tidak Puas (TP) didapat sebesar 2,3 %. Penelitian ini diharapkan menjadi refrensi atau bahkan pertimbangan pemerintah kota Tangerang mengambil sebuah kebijakan agar kinerja dan pelayanan Bus Trans Tangerang Semakin meningkat dalam mengurangi kemacetan di kota Tangerang. Kata Kunci : Pelayanan Bus Trans Tangerang, SERVQUAL, Importance Perftormance Analysis, Chi Square

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41116010074
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Bus Trans Tangerang, SERVQUAL, Importance Perftormance Analysis, Chi Square
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:19
Last Modified: 31 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83587

Actions (login required)

View Item View Item