FENOMENA CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KALANGAN REMAJA DI SEKOLAH SMA PRAMITA

NUGROHO, RIZKY CHUSNUL (2023) FENOMENA CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KALANGAN REMAJA DI SEKOLAH SMA PRAMITA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Maturity in social media is one of the needs in society to support communication with one another. Lack of media literacy can make people free to use social media without knowing the long-term impact of using it. One of the impacts that can occur in the development of social media is the emergence of cyberbullying cases, so the focus of this study is to find out how the phenomenon of cyberbullying on Instagram social media among adolescents. The theory used in this study is the theory of Dan Hovland, who defines the communication process as a process that allows a person to convey stimuli to change the behavior of others. (Mulyana, 2010: 62). This research uses the post-positivism paradigm with descriptive – qualitative methods. The subjects of this study were five teenagers who were active in using Instagram social media. The result of this study, is how the phenomenon of cyberbullying on Instagram social media among adolescents., by explaining what causes teenagers to commit cyberbullying actions on Instagram social media. Teenagers have at least once submitted, or received, two or three types of cyberbullying. Teenagers cyberbully because they are in an emotional state or are unstable, Teenagers know what they should do when cyberbullying. Keywords:Cyberbullying,Instagram,New Media, Social Media.Communication Kedewasaan dalam bermedia sosial adalah salah satu kebutuhan dalam masyarakat untuk mendukung berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Literasi media yang kurang dapat membuat, masyarakat bebas dalam menggunakan media sosial tanpa mengetahui dampak jangka panjang dalam menggunakannya. Salah satu dampak yang bisa terjadi dalam perkembangan media sosial adalah munculnya kasus-kasus cyberbullying, sehingga focus dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana fenomena cyberbullying di media sosial instagram pada kalangan remaja?. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Dan Hovland, yang mendefinisikan proses komunikasi merupakan proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain. (Mulyana, 2010:62). Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan metode deskriptif – kualitatif. Subjek dari penelitin ini adalah lima remaja yang aktif dalam menggunakan media sosial instagram . Hasil penelitian ini adalah bagaimana fenomena cyberbullying di media sosial instagram pada kalangan remaja., dengan menjelaskan apa penyebab para remaja melakukan tindakan cyberbullying di media sosial instagram. Kesimpulan dari penelitian ini, Para remaja setidaknya pernah mengirimkan, ataupun menerima dua atau tiga jenis dari cyberbullying. Para remaja melakukan cyberbullying dikarenakan sedang dalam kondisi emosi atau sedang labil, Para remaja tahu apa yang harus mereka lakukan ketika mengalami cyberbullying. Kata Kuci: Cyberbullying, Instagram, New Media, media sosial.Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 170
NIM/NIDN Creators: 44218010098
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, Instagram, New Media, media sosial.Komunikasi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 28 Oct 2023 07:48
Last Modified: 28 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83468

Actions (login required)

View Item View Item