ZAINAL, HAZRIN (2020) PENGARUH FAKTOR PENENTU PRIBADI TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PRODUK PANGAN ORGANIK DI SUPERMARKET INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 Cover - Hazrin Zainal.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1 - Hazrin Zainal.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text (BAB III)
04 Bab 3 - Hazrin Zainal(1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
05 Bab 4 - Hazrin Zainal.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
06 Bab 5 - Hazrin Zainal.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka - Hazrin Zainal.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran - Hazrin Zainal.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Increasing health awareness, organic food knowledge, food safety, and environmental concern affect the increasing consumption of organic food. This study investigates the influence of these personal determinants on consumer attitudes and behavior on organic food consumption—Data analyzed base on 167 respondent reply. Respondent is Ranch Supermarket and FoodMart in the Greater Jakarta Area and outside Greater Jakarta city customers. The data analysis method uses the Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) with the SmartPLS version 3.3.2 application. The study results proved that personal determinants: health awareness had a negative effect, while the factors of organic food knowledge, food safety, and environmental awareness had a positive and significant effect on consumer attitudes. Determinants factor of health awareness and food knowledge have a positive and significant effect on consumer behavior. Determinant food safety factors have a positive but insignificant effect, while environmental awareness does not affect consumer behavior. Consumer attitudes have a positive but insignificant effect on consumer behavior. This study concluded that organic food knowledge determinants positively and significantly affect consumer attitudes and consumer behavior on organic food. Increasing organic food knowledge places a strategic and influential position in activities to increase organic food consumption. Further research suggested focusing on the influencing factors of health awareness on consumer attitudes and environmental awareness factors on consumer behavior towards organic food. Keywords: personal determinant factors, health awareness, knowledge of organic food, food safety, environmental awareness, consumer attitudes, consumer behavior, and organic food Meningkatnya kesadaran kesehatan, pengetahuan makanan organik, keamanan pangan dan kepedulian pada lingkungan berpengaruh pada peningkatan konsumsi makanan organik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh faktor penentu pribadi tersebut terhadap sikap dan perilaku konsumen pada konsumsi makanan organik. Penelitian dilakukan terhadap 167 konsumen pelanggan di Ranch Supermarket dan FoodMart di wilayah Jabotabek dan luar Jabotabek. Metode analisa data menggunakan Struktural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.2. Hasil penelitian membuktikan faktor penentu pribadi: kesadaran kesehatan berpengaruh negatif, sedangkan faktor pengetahuan makanan organik, kemanan pangan, dan kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen. Faktor penentu kesadaran kesehatan dan pengetahuan makanan organik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Faktor penentu keamanan pangan berpengaruh positif tapi tidak signifikan, sedangkan kepedulian pada lingkungan berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumen. Sikap konsumen berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap perilaku konsumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor penentu pribadi pengetahuan makanan organik berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen dan perilaku konsumen pada makanan organik, sehingga aspek peningkatan pengetahuan makan organik menempatkan posisi yang strategis dan efektif dalam aktifitas upaya peningkatan konsumsi makanan organik. Perlu penelitian lebih jauh pada faktor pengaruh kesadaran kesehatan terhadap sikap konsumen dan faktor kepedulian lingkungan terhadap perilaku kosumen terhadap makanan organik. Kata kunci: Faktor penentu pribadi, kesadaran kesehatan, pengetahuan makanan organik, keamanan pangan, kepedulian lingkungan, sikap konsumen, perilaku konsumen, makanan organik
Actions (login required)
View Item |