ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Bethsaida)

NUGRAHA, PRAYOGA (2023) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Bethsaida). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)

Abstract

Keterlambatan proyek adalah salah satu permasalahan yang masih dijumpai dalam dunia konstruksi, terutama konstruksi gedung bertingkat. Penyebab keterlambatan proyek dapat terjadi karena kurangnya material yang mengakibatkan timbulnya faktor-faktor lain yang mengakibatkan keterlambatan pada pelaksanaan proyek. Penanganan yang dapat dilakukan pada keterlambatan proyek yaitu dengan melakukan proses Fault Tree Analisis proses tersebut dapat mengetahui faktorfaktor apa yang membuat keterlambatan pada proyek. Maka dari itu dibutuhkan suatu analisis faktor keterlambatan yang bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang membuat proyek terlambat dan Untuk mengetahui pekerjaan mana saja yang mengalami keterlambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei lapangan dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada pelaksana konstruksi. Dari hasil analisis menggunakan metode fault tree analisis didapatkan faktorfaktor dan nilai probabilitas yang menyebabkan keterlambatan pada pekerjaan struktur lantai 5 adalah faktor policy memiliki nilai probabilitas sebesar 0,8, faktor kurangnya material,memili nilai probabilitas sebesar 1,89 dan faktor terjadinya pengurangan tenaga kerja memiliki nilai probabilitas 1,95, berdasarkan nilai probabilitas yang di dapatkan ketiga faktor tersebut sangan berpengaruh terhadap keterlambatan proyek pembangunan gedung rumah sakit Bethsaida Tindakan yang dilakukan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan yaitu membuat schedule pemesanan dan pengiriman material yang tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan,mengatur dan menentukan jumlah tenaga kerja yang efektif untuk menyelesaikan sisa pekerjaan dan memastikan target penyelesaian pekerjaan yang sudah di revisi karena adanya policy owner agar tepat dengan waktu yang di tentukan. Kata Kunci: Keterlambatan, Fault Tree Analisis, material.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 23 195
Call Number: ST/11/23/157
NIM/NIDN Creators: 41119010046
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan, Fault Tree Analisis, material.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 11 Nov 2023 08:11
Last Modified: 11 Nov 2023 08:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83153

Actions (login required)

View Item View Item