STRATEGI KOMUNIKASI NETFLIX DALAM MENJANGKAU PENGGUNA MILLENNIALS DI TWITTER

AZHARIE, BELLA AULIA (2021) STRATEGI KOMUNIKASI NETFLIX DALAM MENJANGKAU PENGGUNA MILLENNIALS DI TWITTER. S1 thesis, Univerisitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER+LEMBAR PENGESAHAN+KATA PENGANGATAR+DAFTAR.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penggunaan sosial media dalam strategi komunikasi saat ini sudah mendapat perhatian yang cukup besar di kalangan industri media massa serta organisasi komersial maupun non komersial. Twitter merupakan salah satu produk dari media sosial yang banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi di Indonesia dalam menjangkau sasaran komunikasinya. Netflix merupakan pelopor penyedia layanan Subscription Video on Demand di Indonesia yang aktif mempromosikan konten-konten nya melalui media sosial dengan sasaran komunikasi pengguna millennials. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif melalui teknik wawancara wawancara mendalam, akan menjelaskan strategi komunikasi yang digunakan oleh Netflix dalam menjangkau pengguna millennials di twitter. Dengan berpedoman kepada empat unsur strategi komunikasi ditambah dengan pendekatan teori hot and cold media. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media sosial twitter dalam stragegi komunikasi mereka merupakan pilihan yang tepat. Mengingat pengguna media sosial di Indonesia yang di dominasi oleh millennials memiliki sifat senang berdiskusi dan memiliki literasi yang tinggi terhadap teknologi. Dalam mengimplementasikan strategi komunikasinya melalui twitter, Netflix menggabungkan topik yang relevan dengan millennials dengan film atau series yang ada dalam koleksinya. Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi dengan followers juga Netflix bertindak sebagai sesama pengguna media soosial bukan sebagai perusahaan atau admin. Dengan metode yang telah ditentukan tersebut, pesan yang disampaikan Netflix melalui twitter mendapatkan respon positif serta partisipasi yang cukup tinggi dari followersnya. Oleh karena itu Kata Kunci: Penggunaan sosial media dalam strategi komunikasi saat ini sudah mendapat perhatian yang cukup besar di kalangan industri media massa serta organisasi komersial maupun non komersial. Twitter merupakan salah satu produk dari media sosial yang banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi di Indonesia dalam menjangkau sasaran komunikasinya. Netflix merupakan pelopor penyedia layanan Subscription Video on Demand di Indonesia yang aktif mempromosikan konten-konten nya melalui media sosial dengan sasaran komunikasi pengguna millennials. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif melalui teknik wawancara wawancara mendalam, akan menjelaskan strategi komunikasi yang digunakan oleh Netflix dalam menjangkau pengguna millennials di twitter. Dengan berpedoman kepada empat unsur strategi komunikasi ditambah dengan pendekatan teori hot and cold media. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media sosial twitter dalam stragegi komunikasi mereka merupakan pilihan yang tepat. Mengingat pengguna media sosial di Indonesia yang di dominasi oleh millennials memiliki sifat senang berdiskusi dan memiliki literasi yang tinggi terhadap teknologi. Dalam mengimplementasikan strategi komunikasinya melalui twitter, Netflix menggabungkan topik yang relevan dengan millennials dengan film atau series yang ada dalam koleksinya. Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi dengan followers juga Netflix bertindak sebagai sesama pengguna media soosial bukan sebagai perusahaan atau admin. Dengan metode yang telah ditentukan tersebut, pesan yang disampaikan Netflix melalui twitter mendapatkan respon positif serta partisipasi yang cukup tinggi dari followersnya. Oleh karena itu Kata Kunci: Netflix, Twitter, Millennials

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44116110027
Uncontrolled Keywords: Netflix, Twitter, Millennials
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:28
Last Modified: 17 Oct 2023 04:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82659

Actions (login required)

View Item View Item