ATMAJA, BAYU KUSUMA (2021) “POLA KOMUNIKASI KELOMPOK DIGITAL PROFESIONAL PLAYER GAME ONLINE MOBILE LEGENDS ” ( Studi kasus pada Profesional Player E-Sport Gucci Gang Tangerang dalam kompetisi GPX CUP ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER&JUDUL.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
Abstract
Didalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian mengenai pola komunikasi kelompok yang terjadi didalam sebuah kelompok, tepatnya pada kelompok pemain game online yang popular dimainkan di smartphone yakni game Mobile Legends. Penelitian ini bertujuan meneliti pola komunikasi kelompok yang digunakan dalam permainan dari anggota-anggota inti E-sport Gucci Gang game Mobile Legends di Tangerang. Untuk mendeskripsikan persoalan pola komunikasi dalam game Mobile Legends tersebut, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan lima konsep teori yaitu, proses komunikasi, komunikasi kelompok, teori pencapaian kelompok, proses komunikasi kelompok dan pola komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua pola komunikasi berbeda yang E-sport Gucci Gang gunakan, yakni pola komunikasi spiral karena pesan informasi berasal dari semua masukan atau pendapat semua anggota tim E-sport Gucci Gang, sedangkan pola komunikasi linear karena pesan informasi atau arahan berasal dari satu atau dua orang saja. Kedua pola komunikasi tersebut tim E-sport Gucci Gang gunakan pada dua fase dalam game Mobile Legends saat fase ingame atau permainan berlangsung dan fase outgame saat mereka berdiskusi mengenai strategi sebelum mulainya pertandingan. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Game online Mobile Legends
Actions (login required)
View Item |