RAHARJO, ANDHIKA AGUS (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
1. Cover_Pengesahan_Abstrak - Andhika Raharjo_revised_v2.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
Text (BAB I)
2. Bab I - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (BAB II)
3. Bab II - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
Text (BAB III)
4. Bab III - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text (BAB IV)
5. Bab IV - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text (BAB V)
6. Bab V - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran - Andhika Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The purpose of this study is to analyze and examine the effect of institutional ownership, leverage, firm size, and profitability on firm value. Furthermore, the research also aims to analyze and examine the effect of institutional ownership, leverage, and firm size on firm value moderated by profitability. The sample in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample of companies that were successfully obtained and met the criteria were 80 companies, where the research was conducted for 3 years, 2017 to 2019. The analysis technique uses Multiple Linear Regression and Moderated Regression Analysis (MRA). The results show that, (1) institutional ownership has no effect on firm value, (2) leverage has a significant effect on firm value with a negative effect which means that the higher the leverage value, the lower the firm value or vice versa, (3) firm size significantly influence the value of the company with a positive value which means that the larger the size of the company, the value of the company is also high, (4) Profitability has a significant effect on the value of the company with a positive value which means that the higher the profitability obtained, the value of the company will increase, (5) Profitability moderates the effect of institutional ownership on firm value significantly with a positive effect which means that institutional ownership affects firm value moderated by the profitability variable. If the higher the profitability obtained, the institutional ownership also has a positive influence on the increase in firm value, (6) Profitability does not moderate the effect of leverage on firm value and (7) Profitability moderates the effect of firm size on firm value significantly with a significant positive effect. that firm size affects firm value moderated by profitability variable. If the higher the profitability obtained, the size of the company also has a positive influence on the increase in the value of the company. Keywords : Institutional Ownership, Leverage, Firm Size, Profitability And Firm Value Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya penelitian juga bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh kepemilikan institusional, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi profitabilitas. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel perusahaan yang berhasil diperoleh dan memenuhi kriteria adalah sebanyak 80 perusahaan, dimana penelitian dilakukan selama 3 tahun yaitu Tahun 2017 sampai dengan Tahun 2019. Teknik analisis menggunakan Regresi Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) Leverage berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan pengaruh negatif yang berarti bahwa semakin tinggi nilai leverage perusahaan maka akan menurunkan nilai perusahaan atau sebaliknya, (3) Ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai positif yang berarti bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka nilai perusahaannya juga tinggi, (4) Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai positif yang berarti bahwa semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh maka nilai perusahaannya akan semakin meningkat, (5) Profitabilitas memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan secara signifikan dengan pengaruh positif yang berarti bahwa kepemilikan institusional mempengaruhi nilai perusahaan dengan dimoderasi oleh variabel profitabilitas. Apabila semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh maka kepemilikan institusional juga memberikan pengaruh yang positif terhadap naiknya nilai perusahaan, (6) Profitabilitas tidak memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan dan (7) Profitabilitas memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara signifikan dengan pengaruh yang positif yang berarti bahwa ukuran perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan dengan dimoderasi oleh variabel profitabilitas. Apabila semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh maka ukuran perusahaan juga memberikan pengaruh yang positif terhadap naiknya nilai perusahaan. Kata kunci : kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan nilai perusahaan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55519110060 |
Uncontrolled Keywords: | kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan nilai perusahaan |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises/Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Akuntansi |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:30 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:30 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82286 |
Actions (login required)
View Item |