WONGSO, ANCELLA SUCI (2023) GAMBARAN LITERASI MEMBACA ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS PLAYGROUP DI TK KIPINA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (cover)
46118110101-AncellaSuciWongso-01 Cover - Ancella Suci Wongso.pdf Download (7MB) |
|
Text (Abstrak)
46118110101-AncellaSuciWongso-02 Abstrak - Ancella Suci Wongso.pdf Download (921kB) |
|
Text (Bab 1)
46118110101-AncellaSuciWongso-03 Bab 1 - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 2)
46118110101-AncellaSuciWongso-04 Bab 2 - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab 3)
46118110101-AncellaSuciWongso-05 Bab 3 - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 4)
46118110101-AncellaSuciWongso-06 Bab 4 - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text (Bab 5)
46118110101-AncellaSuciWongso-07 Bab 5 - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
46118110101-AncellaSuciWongso-08 Daftar Pustaka - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
46118110101-AncellaSuciWongso-09 Lampiran - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (Form pernyataan)
Ancella_Suci_Wongso-Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Ancella Suci Wongso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui mengenai gambaran literasi membaca orang tua dalam perkembangan kognitif anak kelas playgroup di TK Kipina Jakarta. Jumlah subjek yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari 3 ibu dengan anak yang kelas playgroup yang bersekolah di TK Kipina Jakarta yang didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif demi memperoleh gambaran yang mendalam. Maka, teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Significant others juga dibutuhkan untuk melihat keabsahan data. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki pendapat bahwa literasi membaca merupakan aspek penting dalam perkembangan anak. Literasi membaca yang cukup pada orang tua juga merupakan dasar untuk pendidikan, kehidupan sehari-hari dan sangat berguna untuk kepentingan pekerjaan, serta dapat membangun karakter maupun perilaku yang positif, terutama dampaknya terhadap kognitif anak. Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dianggap sebagai salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki individu untuk berkembang dalam pendidikan dan kognitifnya. Gambaran literasi membaca yang cukup pada orang tua sangat berperan besar dalam perkembangan kognitif anak. Kata Kunci: Literasi Membaca, Orang Tua, Perkembangan Kognitif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 46118110101 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Membaca, Orang Tua, Perkembangan Kognitif Reading Literacy, Parents, Cognitive Development |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | ALFINA DHEA NOVA |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82273 |
Actions (login required)
View Item |