STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023)

ZULNI, ABDUL HAMID (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023). S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA.

[img]
Preview
Text (COVER)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 02 Cover.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 03 Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB 3)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB 4)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB 5)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 10 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55220110085 - Abdul Hamid Zulni - 11 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)

Abstract

Komunikasi yang menyangkut kehidupan sosial adalah komunikasi pemasaran. Pada sebuah lembaga pendidikan membutuhkan komunikasi pemasaran dikarenakan untuk memperkenalkan lembaga pendidikan tersebut kepada masyarakat luas. Diketahui bahwa pada MAN 3 Palembang jumlah siswa barunya cenderung fluktuatif dikarenakan MAN 3 Palembang belum menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran sekolah dalam penerimaan peserta didik baru pada Mad rasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Teori analisis SWOT menjelaskan mengenai kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) yang terjadi. Selanjutnya dalam ilmu marketing juga terdapat STP (Segmenting, Targeting, and Positioning) sebagai strategi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran adalah kumpulan petunjuk dan kebijakan yang digunakan secara efektif untuk mencocokkan program pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Dalam penelitian ini peneliti menentukan informan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data atau data reduction, penyajian data atau data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasrkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi p emasaran sekolah dalam penerimaan peserta didik baru pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang Provinsi Sumatera Selatan yang sudah dilakukan/selama ini sudah berjalan dalam proses PPDB adalah menggunakan push strategy dan pull strategy. Adapun model strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilaksanakan kedepannya oleh MAN 3 Palembang adalah dapat tetap menerapkan program-program unggulan yang selama ini telah berjalan. Kata Kunci: Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, PPDB

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55220110085
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, PPDB
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:28
Last Modified: 11 Sep 2023 08:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80682

Actions (login required)

View Item View Item