FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TAMAN HIBURAN DUNIA FANTASI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

FATTAH, ALI AULIA (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TAMAN HIBURAN DUNIA FANTASI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER PERPUS - Ali Samudra.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1 - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Ali Samudra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

In tourism activities in Indonesia, the existence of good tourist destinations is one of the most important things because it can increase the country's foreign exchange reserves and can improve the standard of living of the Indonesian people. The development of technology has an impact on the ease in finding various available tourist destinations and makes it easy to reach these destinations. Dunia Fantasi is a long-established tourist destination, especially in Jakarta. However, over time, new tourist destinations emerged that became competitors from Fantasy World. This is a challenge for Dunia Fantasi to be better at managing its tourist destinations so that they are not inferior to new tourist destinations that have emerged that are following the times. The purpose of this study was to determine the effect of Visiting Interest on Visiting Decisions by paying attention to the Word of Mouth, Facilities, and Promotion. The subjects in this study were people in West Jakarta who had or will visit Dunia Fantasi. The sample used in this study were 245 respondents. The sampling method was carried out by convenience sampling method. This study uses SEM data analysis techniques and data processing using Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that Word of Mouth has a significant positive effect on Visiting Interest, Facilities have a significant positive effect on Visiting Interest, Promotion has a significant positive effect on Visiting Interest, Word of Mouth has a positive but not significant effect on Visiting Decisions, Facilities have an influence There is a significant positive effect on Visiting Decisions, Promotion has a significant positive effect on Visiting Decisions, and Visiting Interest has a significant positive effect on Visiting Decisions. (Keywords: Word of Mouth, Facilities, Promotion, Visiting Interest, Visiting Decisions, Fantasy World) Dalam kegiatan pariwasata di Indonesia, keberadaan destinasi wisata yang baik merupakan salah satu hal yang paling penting karena dapat meningkatkan cadangan devisa negara dan dapat membuat taraf hidup masyarakat Indonesia meningkat. Berkembangnya teknologi berdampak pada kemudahan dalam mencari berbagai desinasi wisata yang tersedia dan membuat mudahnya menjangkau destinasi tersebut. Dunia Fantasi adalah destinasi wisata yang sudah lama berdiri, khususnya di Jakarta. Namun seiring bekembangnya waktu, muncul destinasi-destinasi wisata baru yang menjadi pesaing dari Dunia Fantasi. Hal tersebut adalah tantangan bagi Dunia Fantasi agar lebih baik lagi dalam mengelola destinasi wisatanya agar tidak kalah dengan destinasi wisata yang baru muncul yang mengikuti perkembangan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Minat Berkunjung terhadap Keputusan Berkunjung dengan memperhatikan Word of Mouth, Fasilitas, dan Promosi. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat di Jakarta Barat yang pernah atau akan mengunjungi Dunia Fantasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 245 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word of Mouth terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung, Fasilitas terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung, Promosi terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung, Word of Mouth terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, Fasilitas terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, Promosi terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, serta Minat Berkunjung terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. (Kata Kunci : Word of Mouth, Fasilitas, Promosi, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Dunia Fantasi)

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43117010040
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth, Fasilitas, Promosi, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Dunia Fantasi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter > 155.23 Traits and Determinants of Character and Personality/Ciri dan Faktor Penentu Karakter dan Kepribadian > 155.234 Determinants/Faktor Penentu
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:02
Last Modified: 25 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/79582

Actions (login required)

View Item View Item